ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini membahas tentang bagaimana Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas V SDN Kecil Leon Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang rumusan masalah hasil belajar siswa mulai dari sebelum diterapkannya pendekatan kontekstual sampai diterapkannya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI khususnya di SDN Kecil Leon Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian metode penilitian tindakan kelas kualitatif dengan melalui tiga tahapan siklus, Dengan teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis; reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Pelaksanaan pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan kontekstual, sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun dan dibuat, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan penelitian hasil praintervensi memiliki nilai rata-rata hasil belajar sebesar 64,4. Mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 69,9 dan meningkat lagi pada penelitian tindakan siklus II meningkat sebesar 78,0 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa atau sebesar 94,6% dari 20, sehingga dapat mencapai nilai diatas criteria minimum 80% siswa mampu melampaui KKM. Peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan kontekstual siswa kelas V di SDN Kecil Leon Kabupaten Enrekang, dilakukan dengan beberapa proses yang disusun dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pendekatan kontekstual guru memiliki pedoman langkah-langkah dengan mengacu kepada tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, dan penilaian sebenarnya. Guru ikut bertanggung jawab dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor internal dan eksternal banyak mempengaruhi keberhasilan siswa, intelegensi, bakat dan keinginan belajar, saling mempengaruhi dalam belajar, sehingga perlu ditumbuhkan dalam diri siswa. Proses peningkatan hasil belajar bagi siswa memerlukan bimbingan.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Hasil Pembelajaran PAI.