ISTIQRA' Pengaruh Kepemimpinan Kelapa Sekolah dan Kinerja GuruTerhadap Prestasi Siswa di SMPN 5 Satap Baraka
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilandasi dengan fakat impris dilapangan bahwa di SMPN 5 Baraka, kepemimpinan kepala sekolah belum maksimal sehingga berdampak pada hasil kinerja guru dalam menhajar dan membimbing siswa , yang terlihat pada rapor pendidikan beberapa tahun sebelumnya.
Tujuan penelitian ini untuk mendikripsikan kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 5 Satap Baraka dalamng akomodir para guru dan tenga kependidikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran yang langsung berdampak pada pesrta didik..
Model penelitian mengunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif.
Dari hasil penlitian yang dilaksanakan diketahui bahwa kepemimpnan kepala sekolah di SMPN 5 Satap Baraka untuk meningkatkan kinerja guru akan semakin meningkat dengan adanya faktor- faktor strategis yang dapat mempengaruhi kinerja guru dapat ditingkatkan. Faktor tersebut adalah adanya perhatian khusu terhadap: visi misi yang jelas, membangun tim kerja yang solit, meningkatkan kompetensi guru, obsevasi secara berkelanjutan, penggunaan teknologi, dukungan masyarakat dan saranha prasanah memdai.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja