ISTIQRA' Muhammad Alwi , Mudatsir , Abdul Halik, Ismail Latief, Amiruddin, Abdullah Thahir: Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi
Abstract
Abstrak: Dalam era kemajuan dan kecanggihan teknologi saat ini, perlu dilakukan kajian mendalam terkait strategi manajemen lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan digitalisasi. Transformasi dari pengelolaan pendidikan manual menjadi pembelajaran digital, media pendidikan yang awalnya manual beralih ke berbasis internet dan aplikasi online, serta percepatan penerimaan informasi dan komunikasi melalui media online menunjukkan perlunya adaptasi yang efektif dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait "strategi manajemen lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan digitalisasi" dengan harapan dapat berkontribusi pada peningkatan khazanah ilmiah dan pengetahuan pembaca, serta menjadi rujukan bagi penelitian mendatang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan data yang relevan dan sejalan dengan pembahasan yang sedang dikaji. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah pemeriksaan data hingga pengembangan tema. Tinjauan literatur digunakan sebagai metode pengumpulan data, dengan pendekatan secara sistematis untuk merangkum, mengevaluasi, dan meringkas literatur. Dalam manajemen lembaga pendidikan yang berhasil menghadapi revolusi digital, pendekatan holistik menjadi kunci keberhasilan. Dalam mengelola lembaga pendidikan yang responsif terhadap tantangan digitalisasi, pendekatan holistik menjadi kunci keberhasilan. Integrasi teknologi dalam pembelajaran membuka peluang untuk personalisasi pengalaman siswa, memungkinkan adaptasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman. Pelatihan dan pengembangan guru menjadi fondasi untuk memastikan staf pendidik siap menghadapi perubahan dan mengintegrasikan teknologi dengan pemahaman mendalam. Pengelolaan data dan analitik memberikan wawasan kritis, mendukung pengambilan keputusan berbasis data, dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Sementara itu, kolaborasi dengan industri dan dunia usaha membawa dampak positif dalam menghubungkan lembaga pendidikan dengan perkembangan terkini di dunia kerja, memberikan siswa pengalaman praktis, dan membantu menciptakan kurikulum yang relevan. Keseluruhan, pendekatan holistik ini menciptakan lembaga pendidikan yang adaptif, inovatif, dan mempersiapkan siswa untuk sukses dalam era digital.
Kata kunci startegi manajemen, digitalisasi