ISTIQRA' Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan di SMP 12 Parepare: Capaian dan Kendala dalam Implementasi Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023

  • ISTIQRA
Keywords: Standar Pengelolaan Pendidikan, Implementasi Permendikbudristek

Abstract

Abstrak: Penelitian  ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana aktivitas yang dilakukan oleh UPTD SMP Negeri 1 Parepare dalam mengimplementasikan standar pengelolaan dan apa saja fokus capaian dan kendala dalam standar pengelolaan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dengan pendekatan studi lapangan,  dengan tujuan untuk menggambarkan atau menceritakan situasi dunia nyata sebagaimana adanya. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang kemudian dianalisis dan diinterpretasikan untuk menjelaskan fenomena yang diamati berdasarkan Standar pengelolaan Pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa SMPN 12 Parepare telah berada pada jalur yang benar dalam memenuhi standar nasional pendidikan dan Permendikbudristek. Namun, dengan adanya peluang untuk mengembangkan standar pengelolaan yang lebih tinggi, sekolah ini dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikannya demi mencapai hasil yang lebih baik bagi seluruh peserta didik. Proses Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan di SMPN 12 Parepare dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada komponen yang ingin diimplementasikan. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh SMPN 12 Parepare, Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah bahwa peserta didik masih terpengaruh oleh gaya pembelajaran yang diterapkan selama pandemi COVID-19. Kendala lainnya adalah terkait dengan sarana dan prasarana, terutama dalam hal akses internet

 

Kata Kunci : Standar Pengelolaan Pendidikan, Implementasi Permendikbudristek

Published
2024-09-04