ISTIQRA' Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di UPTD SMP Negeri 1 Parepare
Abstract
Abstrak: Manajemen sarana dan prasarana (sarpras) berperan krusial dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Tujuannya adalah mempersiapkan dan mengatur peralatan pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait pengelolaan Sarana dan Prasana yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di UPTD SMPN 1 Parepare. Penelitian menggunakanmetode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan, dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menemukan bahwa Manajemen Sarana Prasarana di UPTD SMPN 1 Parepare sudah dilakukan dengan baik mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan & Perawatan, inventarisasi dan penghapusan sudah sesuai dengan SOP. Sehingga proses pembelajaran dapat terus terlaksana karena kondisi sarana maupun prasana selalu dalam keadaan siap pakai dan didukung dangan fasilitas yang memadai sehingga peserta didik dapat lebih leluasa mengembangkan minat dan bakatnya maupun semangat belajarnya yang ditandai dengan prestasi yang di raih peserta didik. Namun meskipun demekian ada tantangan yang dihadapi pihak sekolah seperti kehilangan barang, proses penghapusan yang lambat, dan masalah pendanaan darurat, manajemen yang baik tetap memastikan pembelajaran berjalan dengan efektif.
Kata Kunci : Manajemen Sarpras, Mutu Pembelajaran