ISTIQRA' Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Mts Guppi Kaluppang Kabupaten Enrekang.

  • ISTIQRA
Keywords: Manajemen kelas, Minat belajar.

Abstract

Abstrak : Metode dan model dalam belajar adalah bagian dari kegiatan manajemen pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru untuk mewujudkan manajemen kelas diĀ  MTs Guppi Kaluppang. Lingkungan fisik yang menguntungkan dan memenuhi syarat pembelajaran siswa mendukung meningkatnya syarat yang akan mendukung instensi pembelajaran siswa dan mempunyai pengaruh positif terhadap pencapain tujuan pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana model manajemen kelas dapat berkontribusi terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian, data menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas dilakukan dengan pembagian kelas berdasarkan tingkat agar mendapatkan perhatian khusus dari wali kelas dan guru pengampu. Implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan minat belajar dioptimalkan dengan penciptaan iklim kelas positif, variasi metode pembelajaran, dukungan kegiatan ekstrakurikuler, dan melibatkan orang tua. Hasil implementasi difokuskan pada penciptaan kedisiplinan melalui aturan yang jelas, transparansi prosedur kelas, peningkatan keterampilan guru, serta membangun relasi positif antara guru dan siswa.

Kata Kunci: Manajemen kelas, Minat belajar.

Published
2024-09-04