Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pembelajaran Fiqih

  • Farid Ahmadi
  • M. Nasri Hamang
Keywords: Implementasi, Lesson Study, Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian  ini membahas tentang implementasi lesson study dalam meningkatkan kompetensi guru dan pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran Fiqih di MAN Baraka. Permasalahan pokok dalam penelitian ini terfokus pada masalah bagaimana penerapan lesson study dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dan pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran Fiqih di MAN Baraka. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan lesson study, kompetensi guru yang telah mengikuti lesson study, kualitas pembelajaran Fiqih di MAN Baraka, dan untuk memperoleh deskripsi tentang implikasi kompetensi guru yang telah mengikuti lesson study terhadap kualitas pembelajaran Fiqih di MAN Baraka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lesson study di MAN Baraka dimulai dari tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see) yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan interval sebulan sekali dan tidak keluar dari sekolah sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran. Kegiatan ini dibagi menjadi 4 kelompok rumpun mata pelajaran, yaitu rumpun agama Islam, rumpun bahasa, rumpun IPA dan IPS. Keempat rumpun ini secara bergiliran memilih satu satu gurunya untuk menjadi guru model dalam kegiatan open class yang jadwalnya telah disusun oleh tim lesson study yang dibentuk oleh kepala madrasah. Kualitas pembelajaran merupakan output dari kolaborasi pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, dan lingkungan yang dilakukan sinergis dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Published
2019-10-16
Section
Articles