Pola Hubungan Masyarakat Dengan MTs Satu Atap Papi Kabupaten Enrekang Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam

  • Ismail Mussi
  • Mahsyar Idris
Keywords: Pola Hubungan, Masyarakat, Peningkatan Mutu

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pola hubungan masyarakat dengan MTs Satu Atap Papi dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola hubungan antara masyarakat dengan MTs Satu Atap Papi, 2) Apakah ada hubungan antara masyarakat dengan MTs Satu Atap Papi dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam, dan 3) Bagaimana upaya memaksimalkan konstribusi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam di MTs Satu Atap Papi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pola hubungan yang dibangun oleh MTs Satu Atap Papi adalah dengan melibatkan semua unsur yang terlibat dalam pendidikan peserta didik. Hal ini muncul karena berasal dari kesadaran bahwa madrasah ini berasal dan untuk masyarakat sehingga madrasah dalam proses peningkatan mutu pendidikan agama Islam membutuhkan peran serta masyarakat. Adapun pola hubungan yang dikembangkan adalah 1) Melalui tokoh-tokoh masyarakat, 2) Wali peserta didik, 3) Komite madrasah, dan 4) Organisasi-organisasi kemasyarakatan. Semua stakeholder tersebut dijalin kemitraannya untuk secara bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di madrasah ini.

Published
2019-10-16
Section
Articles