ISTIQRA' Penerapan Metode Cooperative Learning terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polman

  • ISTIQRA
Keywords: cooperative learning, keaktifan belajar Belajar, Pengaruh

Abstract

 

Peserta didik dituntut untuk aktif dalam belajar baik dari segi mental dan fisik, karena salah satu syarat proses belajar mengajar dikatakan berhasil jika peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Bangunan literatur menyebutkan bahwa keaktifan anak dalam belajar merupakan persoalan penting dan mendasar yang harus dipahami, disadari dan dikembangkan oleh setiap guru di dalam proses pembelajaran. Demikian pula berarti harus dapat diterapkan oleh peserta didik dalam setiap bentuk kegiatan belajar. Keaktifan belajar ditandai oleh adanya keterlibatan secara optimal, baik intelektual, emosional dan fisik juga dibutuhkan. keaktifan belajar peserta didik sangat urgent diteliti dalam sebuah skripsi yang berjudul penerapan Metode Cooperative Learning terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polman. Siswa yang menjadi target pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe non-equivalent control group design dengan membuat Rancangan dalam penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tes yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tes pretest dan posttest. Tes pertama yang dilakukan adalah tes pretest untuk mengetahui keadaan awal setiap kelompok sebelum diberi perlakuan. Kelompok eksperimen selama pembelajaran akan diberi perlakuan dengan model pembelajaran cooperative learning, sedangkan pada kelompok kontrol akan diberikan metode pembelajaran konvensional (ceramah).

Kata Kunci : cooperative learning, keaktifan belajar Belajar, Pengaruh

Published
2023-12-23