Kajian Rekonstruksi “Budaya Siri” Bugis Ditinjau Dari Pendidikan Islam

  • Subri
  • Mahsyar Idris
Keywords: Rekonstruksi, Budaya Siri' Bugis, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini membahas “Kajian Rekonstruksi “Budaya Siri’ Bugis Ditinjau Dari Pendidikan Islam.  Jenis penelitian ini adalah kualitatif library reseach.  Hasil penelitian ini adalah Budaya Siri’ Bugis adalah rasa malu (kondisi psikologis) yang terurai ke dalam harkat derajat manusia. Menjadi falsafah hidup bagi orang Bugis yang terwujud dalam pangngadereng (adat) serta kehidupan bermasyarakat, dan keberagamaan. Sebagai falsafah hidup, maka Siri’ menjadi nilai inti kebudayaan orang Bugis hingga sekarang dan mengalami sebauh dinamika yang menandia pergeseran niali Siri’. Pendidikan Islam dengan Budaya Siri’ Bugis memiliki relevansi yang saling mendukung (simbiosis mutualis). Pendidikan Islam merupakan proses penanaman karakter membentuk manusia yang berakhlak, berpengetahuan, kreativ, inovatif, menuntun manusia pada kebenaran sejati sebagai dasar hidup di dunia dan di akhirat. Sementara Budaya Siri’ dapat berfungsi sebagai spirit peserta didik dalam proses pendidikan. Nilai pendidikan Islam yang terangkum dalam nilai Ketuhanan (ilahiyah), Kemanusiaan, dan Kealaman memiliki kesamaa dengan nilai Siri’ yang terangkum dalam unsur-unsur Siri’: Pajjama, Lempu’, Getteng, dan Sipakatau.

Published
2019-10-15
Section
Articles