Efektifitas Penggunaan Sumber Informasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik

  • Makki
Keywords: Efektivitas, Sumber Informasi, Pengertian

Abstract

Sumber informasi pembelajaran mencakup semua sumber yang dapat atau mungkin digunakan oleh siswa agar terjadi perilaku belajar. Pada mulanya sumber belajar hanyalah berdimensi subjek yang melakukan transmisi atau penyampai pesan (orang), baik dalam lingkungan keluarga ataupun kelompok. Selain orang, sumber belajar lainnya dalam bentuk bahan berupa batu, daun-daunan, kulit binatang dan lain-lain. Isi pesan disajikan dengan Bahasa simbol atau isyarat verbal.  Perkembangan selanjutnya ditemukannya alat cetak, yang melahirkan sumber belajar baru yaitu buku, perkembangan itu telah menerbitkan sumber cetak lainnya seperti komik, majalah, koran dan sebagainya. Kemudian berangsur-angsur kita mengenal adanya perpustakaan, museum, laboratorium dan lain-lain. Pentingnya pemanfaatan sumber belajar disisi lain, oleh karena pengajaran yang diberikan di sekolah terbatas pada waktu, kurikulum, alat yang ada, dan kepada kemampuan tenaga pengajar. Keterbatasan tersebut tidak berbanding lurus dengan hasil yang ingin dicapai dalam pendidikan agama Islam itu sendiri. Oleh karena itu, penggunaan berbagai sumber belajar sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan hasil yang ingin dicapai dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam dan selalu berusah mencari informasi dari sumber-sumber pengetahuan lainnya.

Published
2019-10-15
Section
Articles