Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Tingkat Partisipasi Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Dengan Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran bahwa tingkat motivasi kelompok kerja guru PAI sekolah dasar di Kecamatan Duampanua berada pada kategori tinggi. Tingkat partisipasi kerja guru sekolah dasar PAI di Kecamatan Duampanua mempunyai kecenderungan pada kategori sedang, sedangkan tingkat profesionalisme guru PAI sekolah dasar di Kecamatan Duampanua berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara tingkat mutivasi dalam Kelompok Kerja Guru dan partisipasi kerja dengan tingkat perofesionalisme guru sekolah dasar PAI di Kecamatan Duampanua baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa dari kedua variabel bebas yang diteliti, secara parsial tingkat partisipasi guru dalam kelompok kerja guru memberikan kontribusi yang besar jika dibandingkan dengan motivasi kerja guru. Implikasinya adalah tingkat profesionalisme guru PAI sekolah dasar di Kecamatan Duampanua dapat ditingkatkan dengan berbagai cara diantaranya adalah meningkatkan motivasi dalam kelompok kerja guru dan meningkatkan partisipasi guru.