Kompetensi Guru Dalam Aplikasi Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Pinrang
Abstract
Kompetensi guru dalam aplikasi metode pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang akurat tentang pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Pinrang, dengan metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis, dan pendekatan keagamaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, field note, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran dan sumber penelitian ini adalah unsur pimpinan madrasah (kepala madrasah dan wakil kepala madrasah), guru, dan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pinrang. Dengan demikian proses pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Pinrang berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Implikasi penelitian adalah Pelaksanaan program kegiatan dari suatu persiapan perencanaan serta pelaksanaan adalah bagian terpenting dalam menjalankan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dilaksanakan atau diterapkan di madrasah.