Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Yang Mengalami Kesulitan Belajar

  • Makki
Keywords: Tutor Sebaya, Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

Abstract

Tutor sebaya merupakan bagian dari cooperative learning atau belajar bersama, Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan peserta didik bekerja secara berkolaborasi untuk  mencapai tujuan bersama. Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah  usaha untuk meningkatkan partisipasi peserta didik, memfasilitasi peserta  didik dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan  dalam kelompok, serta memberikan kesempatan pada peserta didik untuk  berinteraksi dan belajar bersama-sama yang berbeda latar belakangnya.  Pembelajaran Kooperatif adalah sebuah grup kecil yang bekerja sama  sebagai sebuah tim untuk memecahkan masalah (solve a problem),  melengkapi  latihan (complete a task), atau untuk mencapai tujuan tertentu  (accomplish a common goal). Pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa peserta didik akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya. Kegiatan belajar bersama dapat membantu dan memacu belajar aktif. Dengan berkelompok peserta didik dapat berdiskusi dan mengajarkan kepada teman-temannya. Hal ini memungkinkan peserta didik memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.

Published
2019-10-11
Section
Articles