ISTIQRA' Peningkatan Kemampuan Kepala Tk Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Melalui Kegiatan K3TK Di Daerah Binaan Kecamatan Ujung Kota Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Muliati
Keywords: K3KT, Kemampuan, Administrasi sekolah

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan Kepala TK dalam pengelolaan administrasi sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan belum lengkapnya dokumen-dokumen pengelolaan administrasi sekolah di TK di daerah binaan Kecamatan Ujung Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan Kepala TK di daerah binaan Kecamatan Ujung Kota Parepare dalam pengelolaan administrasi sekolah. Subjek penelitian sebanyak 13 orang Kepala TK. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.

Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.  validasi data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah validasi demokratik, proses, dan dialogik. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I, hasil siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal 13 Kepala TK dinyatakan belum mampu mengelola administrasi dengan baik atau 0% dengan rata-rata penilaian 48,22, meningkat menjadi 8 Kepala TK atau 61,54% pada siklus pertama dengan hasil rata-rata nilai sebesar 70,13 serta 100% pada siklus kedua dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 85,54. Penjelasan mengenai kriteria nilai dari kondisi awal adalah KURANG, meningkat menjadi CUKUP dan BAIK pada siklus terakhir. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan K3TK di  Daerah Binaan Kecamatan .Ujung yang pengawas dilakukan di sekolah terhadap 13 Kepala TK dinyatakan berhasil meningkatkan meningkatkan kemampuan Kepala TK dalam pengelolaan administrasi sekolah.

Kata Kunci : K3TK, Kemampuan, Administrasi Sekolah

Published
2023-06-05