ISTIQRA' Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Peserta Didik Kelas V MI Al Mustaqim Parepare tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Problem Based Learing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V MI Al-Mustaqim Parepare tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Problem Based Learing hasil kognitif peserta didik, dan keaktifan peserta didik dapat meningkat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam bahasa Inggris adalah classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas adalah kajian sistematik tentang upaya meningkatkan mutu praktik pendidikan oleh sekelompok masyarakat melaui tindakan praktis yang dilakukan dan melalui refleksi atas hasil tindakan tersebut. Manfaat penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan keilmuan dan pengembangan profesi pendidik.
Melalui model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V MI Al-Mustaqim Parepare pada tahun pelajaran 2015/2016. Pada pra siklus prosentase keaktifan belajar sebesar 50% dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50% , siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 68,33% dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,86% dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 90,16% dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,10%.
Melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Al-Mustaqim Parepare materi operasi pecahan perkalian semester II tahun pelajaran 2015/2016. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 60,86 dengan ketuntasan klasikal 51,72%, pada siklus I meningkat menjadi 74,14 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,86%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 84,31 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,10%.
Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pecahan perkalian di kelas V MI Al-Mustaqim Parepare pada tahun pelajaran 2015/2016
Kata Kunci : Problem Based Learning, Peningkatan Hasil Belajar