ISTIQRA' Penerapan Model Snowball Throwing (Bola Salju) Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri Ruang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IIS-2 MAN 2 Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Muhammad Sabik Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare
Keywords: motivasi, hasil belajar, Snowball Throwing

Abstract

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah Apakah pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas Kelas XII IIS-2 MAN 2 Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019 Subjek penelitian adalah kelas XII IIS-2  berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (Bola Salju), motivasi siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Dari kondisi awal sebesar 3 siswa atau 20% meningkat menjadi 9 siswa atau 60% dan 15 siswa atau 100% pada siklus kedua. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata  pada kondisi awal sebesar 57,33, meningkat pada siklus I menjadi 65,33,  dan pada siklus II sebesar 72,00 dengan penjelasan peningkatan ketuntasan belajar dari 2 siswa atau 13,33% menjadi 9 siswa atau 60% dan 14 siswa atau 93,33% pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (Bola Salju) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XII IIS-2 MAN 2 Parepare Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci:  motivasi, hasil belajar, Snowball Throwing

Published
2023-06-05