Upaya Peningkatan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembiasaan Di Sdn No. 94 Balla Baraka Enrekang

  • Marlina
  • St. Nurhayati Ali
Keywords: Disiplin, Metode Habitautation

Abstract

Faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya kedisiplinan siswa belajar, diantaranya; faktor siswa sendiri yang tidak memperhatikan aturan aturan yang telah berlaku di sekolah, faktor guru yang kurang tegas memberikan sanksi bagi siswa yang bermasalah, dan faktor orangtua yang kurang perhatian tentang pendidikan anaknya dan kurang membiasakan anaknya disiplin di rumah antara lain karena tingkat pendidikan mereka dan kesibukan mereka masing masing. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kedisiplinan mereka adalah memberikan nasihat – nasihat dan motivasi tentang pentingnya kedisiplinan belajar dimiliki, memberikan keteladanan yang baik bagi siswa, memberikan sanki yang tegas pada siswa yang bermasalah, dan memperkuat komunikasi antara orangtua siswa dengan guru tentang sikap dan perkembangan belajar mereka. Cara menerapkan metode pembiasaan ini dilakukan secara bertahap,berkesinambungan dan terus mengevaluasi kedisplinan siswa sehingga akhirnya menjadi kebiasaan. Setelah dilakukan metode pembisaan dalam upaya peningkatan kedisiplinan belajar siswa, maka terlihat kedisiplinan mereka semakin meningkat dan mereka sudah mulai terbisa disiplin mengerjakan tugas yang diberikan, masuk kelas pada saat jam belajar tanpa komando dari wali kelasnya, tidak berolahraga pada saat bukan jam olahraga, dan lain – lain.

Published
2019-10-11
Section
Articles