ISTIQRA' Penerapan Media Puzzle Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IX.1 SMP Negeri 12 Parepare Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
ABSTRAK
Rumusan Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah “Apakah penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX.1 MTs Negeri Parepare tahun pelajaran 2019/2020”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPS pada siswa Kelas IX.1 MTs Negeri Parepare Tahun Pelajaran 2019/2020.
Berdasarkan hasil peneilitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah lakukan, makan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan media puzzle adalah sebagai berikut: Penggunaan media puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IX.1 MTs Negeri Parepare tahun pelajaran 2019/2020. Kesimpulan tersebut didukung oleh hasil penelitian yang telah peneliti lakukan bahwa:
Hasil observasi kegiatan pembelajaran pendidik dengan menggunakan media puzzle menunjukkan rata-rata peningkatan pada kegiatan pembelajaran pendidik pada siklus I sebesar 3,90% dengan kriteria Baik pada siklus II sebesar 4,46% dengan kriteria Sangat Baik.
Pengunaan media puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa Siklus I sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 78%, mengalami peningkatan rata-rata sebesar 15%, dengan predikat Baik.Penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX.1 MTs Negeri Parepare, hal ini dibuktikan dengan prosentase hasil hasil test pada siklus I dan siklus II diperoleh berdasarkan test tertulis pada siswa yang berbentuk soal uraian berjumlah 5 butir soal. Pada siklus I dengan hasil ketuntasan 70% kemudian mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 17% pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, penerapan puzzle