ISTIQRA' Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan Siswa Kelas XII MIA-1 MAN 2 Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Asia Junaidi Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare
Keywords: CTL (Contextual Teaching And Learning), keaktifan, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas betujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Kimia materi Sifat Koligatif Larutan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XII MIA-1  MAN 2 Parepare berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 8 siswa atau 34,78%,  siklus I ada 15 siswa atau 65,52%, dan pada siklus II ada 21 siswa atau 91,30%.. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan prestasi belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  6253,04 menjadi 64,35 dan 75,65  pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa atau 30,43%,  siklus I ada 12 siswa atau 52,17%, dan pada siklus II ada 20 siswa atau 86,96%, walaupun masih ada 3 siswa (13,04%) yang belum tuntas namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua maka dinyatakan bahwa proses perbaikan pembelajaran selesai dan berhasil pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan  metode CTL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XII MIA-1  MAN 2 Parepare Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci:  CTL (Contextual Teaching And Learning) keaktifan, hasil belajar

Published
2023-06-05