Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Panca Lautang Sidrap

  • Eli Hami
  • Mahsyar Idris
Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian  ini membahas tentang, pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Panca Lautang. Permasalahan pokok yang dikaji terfokus pada bagaimana Pengaruh implementasi kurikulum 2013, khususnya pada motivasi belajar peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Panca Lautang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, hasil analisis data hasil penelitian bahwa harga koefisien rhitung sebesar 0,993 yang secara kontinum berada pada interval 0,800 sampai dengan 1,000 dengan kategori sangat tinggi, atau dengan memperbandingkan harga kritik r pada tabel product moment, dimana rhitung = 0,993 ˃ rtabel = 0,424 untuk taraf signifikan 1% pada N = 36, sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima dengan suatu kesimpulan, bahwa terdapat korelasi yang signifikan implementasi kurikulum 2013  dengan motivasi belajar peserta didik pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Panca Lautang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian yang menunjukkan adanya korelasi efektif yang signifikan antara implementasi kurikulum 2013 dengan motivasi belajar peserta didik pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Panca Lautang.

Published
2019-10-11
Section
Articles