Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Penguasaan Pokok Bahasan Materi Al-Qur’an Hadis Di Man Baraka

  • Sirajuddin
  • St. Wardah Hanafie Das
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Materi Pelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan model cooperative learning. Selain itu, juga untuk mengetahui pengaruhnya dalam meningkatkan penguasaan pokok bahasan materi al-Qur’an Hadis di MAN Baraka-Enrekang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  Tingkat penerapan model cooperative learning tipe jigsaw di MAN Baraka berada dalam kategori sedang, (2) Penerapan model cooperative learning memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan penguasaan pokok bahasan materi al-Qur’an Hadis, (3) Hasil penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan penguasaan pokok bahasan materi alqur’an hadis pada peserta didik dianggap berhasil dibuktikan dengan nilai yang baik setiap selesai ulangan semester dan giatnya peserta didik dalam kegiatan ekstra kurikuler keagamaan seperti kajian alqur’an, pengajian keagamaan setiap hari jum’at sesudah shalat ‘ashar, ikut lomba cerdas cermat isi kandungan alqur’an, ikut lomba pidato bahasa Indonesia dan bahasa Arab, dan bahasa Inggris dengan banyak mengutip ayat-ayat alqur’an hadis yang telah dipelajari dikelas. (4) Faktor penghambat model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran alqur’an hadis di MAN-Baraka-Enrekang, prinsip ketergantungan positif, tanggung jawab perseorang, interaksi tatap muka, partisipasi dan komunikasi, dan evaluasi proses kelompok.

Published
2019-10-10
Section
Articles