ISTIQRA' Pengembangan Karakter Siswa Melalui Gemari (Gemar Mengaji Pagi Hari) di SD Negeri 038 Kanusuang Kabupaten Polewali Mandar

  • RAHMAWATI NUR Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UM Parepare
Keywords: Pengembangan Karakter, Gemari

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif  yang bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Karakter Siswa Melalui GEMARI (Gerakan Mengaji Pagi Hari) di SD Negeri 038 Kanusuang Kabupaten Polewali Mandar dengan fokus penelitian pada: 1) Bagaimana karakter akademik siswa pada pelaksanaan GEMARI?; 2) Bagaimana penerapan program GEMARI?; 3) Bagaimana perkembangan karakter akademik siswa melalui program GEMARI di SD Negeri 038 Kanusuang Kabupaten Polewali Mandar? subjek penelitian adalah Siswa SD Negeri 038 Kanusuang Polewali Mandar. 

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pengembembangan karakter siswa melalui GEMARI (Gerakan Mengaji Pagi Hari) di SD Negeri 038 Kanusuang Kabupaten Polewali Mandar. Dengan tujuan penelitian mendeskripsikan karakter siswa, mengetahui dan mengembangkan proses penerapan GEMARI dan berujung pada pengembangan selain empat karakter akademik sesuai fokus penelitian.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Karakter akademik siswa pada pelaksanaan GEMARI di SD Negeri 038 Kanusuang Kabupaten Polewali Mandar terwujud dengan kehadiran empat karakter akademik yakni: karakter disiplin, karakter kerja keras, karakter mandiri dan karakter bertanggungjawab. 2) Penerapan program GEMARI di SD Negeri 038 Kanusuang Kabupaten Polewali Mandar berjalan baik melalui tiga jenis kegiatan yakni: mengaji di pagi hari, berdo’a dan sholat dhuha. Terintegrasi dan berjalan maksimal dengan dukungan stakeholder di SD Negeri 038 Kanusuang. 3) Perkembangan karakter akademik siswa melalui program GEMARI di SD Negeri 038 Kanusuang Kabupaten Polewali Mandar meningkat bahkan ada karakter positif lain yang hadir yang selain empat karakter akademik yang ada.

 

Kata Kunci: Pengembangan Karakter, Gemari

Published
2023-05-23