Pengaruh Pembelajaran Remedial Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X Sma Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang

  • A. Muhal Annur
  • St. Nurhayati Ali
Keywords: Remedial, Hasil Belajar, Dampak Positif

Abstract

Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes terdiri dari 5 butir soal berbentuk essay yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siklus I berada dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 45,47 (2). Hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam pada siklus II berada dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 94,37 (3). Ada pengaruh pembelajaran remedial terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kalosi dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi 0,856 atau 85,6 persen pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran remedial terhadap hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kalosi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang merupakan pengaruh positif antara pembelajaran remedial terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kalosi pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,92 dan koefisien determinasi sebesar 0,856 atau 85,6 persen

Published
2019-10-10
Section
Articles