ISTIQRA' Aktivitas Pembelajaran Baca Tulis Alquran Di Taman Pendidikan Alquran Sipakario Banca
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan (baca-tulis Al-Qur'an) di TPA Sipakario Banca? Kedua, faktor apa saja yang menghambat dan mendukung kegiatan keagamaan (baca tulis Al-Qur'an) di TPA Sipakario Banca ?
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Field Research dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan partisipasi, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan keagamaan (Baca Tulis Al-Qur’an) di TPA Sipakario banca yang dilakukan seminggu 5 kali. Dalam kegiatan ini santri tidak hanya belajar mengaji iqro' dan Al-Qur'an tetapi juga belajar menghafal Juz Amma dan belajar menulis. Kegiatan keagamaan (Baca Tulis Al-Qur’an) di TPA Sipakario Banca terdiri dari 2 tingkatan yaitu tingkatan Al-Qur’an dan Iqro’ dan metode yang digunakan adalah Qiroati Iqro dan metode tajwid.
Faktor pendukung kegiatan keagamaan (Baca Tulis Al-Qur'an) di TPA Sipakario Banca terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi pada siswa tersebut. Faktor eksternal meliputi faktor lingkungan dan kondisi guru. Dan faktor penghambat dalam kegiatan keagamaan (Baca Tulis Al-Qur'an) di TPA Sipakario Banca adalah kurangnya niat dalam diri santri untuk belajar dan kurangnya motivasi dari dalam diri santri.
Kata Kunci: Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan, Baca Tulis Al-Qur'an