ISTIQRA' Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Peserta Didik di SDN Kecil Rante Padang Kabupaten Enrekang
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang Model Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Peserta didik di SDN Kecil Rante Padang Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian metode penilitian kualitatif dengan pendekatan; pedagogic, psikologis, teologis, dan fenomenologi. Instrumen yang digunakan; peneliti, pedoman interview, alat tulis, alat rekam, dokumen/literatur. Dengan teknik pengumpulan data; observasi, interview, daftar pertanyaan. Dengan teknik analisis; Mengorganisasikan Data, Pengelompokkan, Tema dan Pola Jawaban, Mencari Alternatif Penjelasan Bagi Data, menulis hasil penelitian, dan Teknik Analisis data fenomenologi. Uji keabsahan datanya; 1) Kredibilitas (derajat kepercayaan), 2) Keteralihan, 3) Kebergantungan, 4) Kepastian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Bentuk partisipasi orang tua yaitu: Orang tua sebagai pembimbing, Orang tua sebagai fasilitator, Orang tua sebagai motivator, Menyediakan fasilitas belajar, Mengawasi kegiatan belajar anak di Rumah, Mengawasi waktu belajar, Mengawasi kesulitan belajar anak, Membantu kesulitan belajar anak. Strategi partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Peserta didik yaitu; Menyediakan fasilitas belajar, Memberikan motivasi, Mengawasi anak dalam belajar dengan Meluangkan waktu untuk mendampingi anak dan Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar. Hasil partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Peserta didik di SDN Kecil Rante Padang Kabupaten Enrekang tergolong baik, yaitu mengawasi dan membimbing anaknya ketika belajar khususnya ketika ada tugas/PR dari sekolah orang tua membimbing dalam menyelesaikanya..
Kata Kunci: Partisipasi orang tua, Prestasi Belajar PAI.