ISTIQRA' Peranan Pelaksanaan Program Jum’at Beriman dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mamuju
Abstract
Abstrak : Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu mengintegrasikan aspek intelektual dan aspek spiritual yang disebut juga dengan karakter religius. Pelaksanaan kegiatan keagamaan Jum’at Beriman diharapkan mampu dan efektif untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter religius peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pelaksanaan kegiatan Jum’at Beriman dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Mamuju. Serta mengetahui faktor pendukung, faktor penghambat dan rencana strategis dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter religius peserta didik. jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan kegiatan Jum’at Beriman berpengaruh positif terhadap perkembangan peserta didik di SMA Negeri 1 Mamuju. 2) kegiatan Jum’at Beriman memiliki peranan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter religius pada peserta didik di SMA Negeri 1 Mamuju. Semua stakeholder berperan aktif di SMA Negeri 1 Mamuju. 3) Pengembangan karakter religius pada peserta didik di SMA Negeri 1 Mamuju memiliki faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ini. Faktor pendukung meliputi adanya sarana dan prasarana yang memadai, dukungan penuh sekolah, partisipasi aktif dari tenaga pendidik dan peserta didik, peraturan sekolah dan sinergitas semua stakeholder yang ada di SMA Negeri 1 Mamuju. Sedangkan faktor penghambat meliputi terbatasnya waktu, pandemi covid-19, bencana alam, kurangnya inisiatif dan pengaruh lingkungan yang ada di luar sekolah. 4) Terdapat beberapa langkah strategis yang dilakukan dalam mengembangkan karakter religius di SMA Negeri Mamuju. Langkah tersebut meliputi peranan orang tua, memberikan apresiasi bagi yang berprestasi dan hukuman bagi yang melanggar aturan, membudayakan 3 S (senyum,salam dan sapa) di lingkungan sekolah dan aturan serta tata tertib yang harus dipatuhi oleh setiap peserta didik.
Kata Kunci: Jum’at Beriman, Pendidikan Karakter, Religius