Penggunaan Metode Team Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam menentukan metode pembelajaran yang digunakan, disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan pada siswa. Disamping itu guru juga dituntut untuk memperhatikan kebutuhan dan perbedaan individual siswa, sehingga guru akan lebih mengenal kepribadian setiap siswa di dalam kelas, dengan begitu guru akan lebih mudah mengatasi permasalahan di dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam maka digunakan Metode mengajar Team Teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Metode Team Teaching dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa dan Metode Team Teaching merupakan metode baru bagi siswa dan mereka merasa lebih dikontrol dengan adanya dua orang guru yang mengajar dan juga metode team teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pangkajene. Hal tersebut terlihat siswa lebih aktif pada saat metode team teaching digunakan.