Aplikasi Media Dan Teknologi Pembelajaran Di Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa
Abstract
Interaksi yang bernilai edukatif adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk mencapaitujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran kukan. Tujuan yang akan dicapai adalah untuk mengetahui pengertian konsep media dan teknologi pembelajaran. Untuk mengetaui macam-macam media dan teknologi pembelajaran yang diimplementasikan di sekolah. Untuk mengetahui dampak implementasi media dan teknologi terhadap peserta didik dalam pembelajaran. Media pendidikan adalah setiap materi atau peristiwa yang memberikan kepada siswa untuk memperoleh sikap (attitude), pengetahuan (kwnouledge) dan keterampilan (skill). Berdasarkan perkembangan teknologi, maka media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok yaitu: 1). Media hasil teknologi cetak; 2) Media hasil teknologi audio visua;l 3); Media hasil teknologi yang berdasarkan komputer; 4) Media hasil gabungan teknologi cetak dan teknologi komputer. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan yang antara lain, memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis, dan kelemahan pada media audio visual adalah terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya. Media dan teknologi sebenarnya akan sangat membantu dalam mewujudkan tujuan pendidikan meskipun banyak kekurangan yang ada didalamnya.
Kata kunci: Media audio visual, Teknologi Pembelajaran, Media Pendidikan.