artikel Integrasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Peantren dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Peserta Didik di SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Kabupaten Polewali Mandar

Jurnal pendidikan dan pemikiran islam

  • saharuddin
Keywords: integrasi, kurikulum

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk menjelaskan (1) bagaimana integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum pesantren dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab peserta didik di SMA Pondok Pesantren Modern  Al-Ikhlash. (2) bagaimana implementasi integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum pesantren dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab peserta didik di SMA Pondok Pesantren Modern  Al-Ikhlash. (3) Apa faktor pendukung dan penghambat integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum pesantren dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab peserta didik di SMA Pondok Pesantren Modern  Al-Ikhlash.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan metode observasi sebagai metode metode penelitian dengan cara  pengumpulan data secara spesipik dalam sebuah penelitian. Wawancara berarti berintraksi langsung dengan informan. Dokumentasi berarti teknik penelitian dengan mengambil informasi dengan mencatat melalui arsip-arsip atau dokumen-dokumen yang relevan denagn penelitian. 

 Hasil penelitian di temukan mata pelajaran  (a) bahasa Arab. (b) Al-Qur’an Hadis dan (c) PAI-BP sebagai mata pelajaran yang termuat dalam kurikulum 2013 / kurikulum nasional yang terintegrasi dengan mata pelajaran (a). Tahsinul Qur’an. (b) Tamrinul lugha. (c) Muhadhara. (d) Muhadashah. (e) Imla’. (f) ilmu tafsir sebagai mata pelajaran yang termuat dalam kurikulum pesantren, beberapa mata pelajaran yang termuat dalam dua kurikulum tersebut dianggap dapat meningkatkan kemampuan bahasa Arab di SMA Pondok Pesantren Modern  Al-Ikhlash, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pada setiap tahunnya yaitu : (a) 2016 nilai rata-rata 7,5. (b) 2017 nilai rata-rata 8,2. Dan (c) 2018 nilai rata-rata 8,7.

Published
2019-09-27
Section
Articles