artikel Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru PAI SMA Negeri di Kabupaten Enrekang

Jurnal pendidikan dan pemikiran islam

  • armin
Keywords: Pengaruh, Sertifikasi, dan Profesionalisme.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian sertifkat pendidik  terhadap kinerja dan profesionalisme Guru PAI SMA Negeri di Kabupaten Enrekang. Metode penelitian adalah metode deskriftif analitik yang bersifat korelasi yaitu melihat pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat.

            Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasinya adalah seluruh guru Guru PAI SMA Negeri di Kab. Enrekang yang sudah tersertifikasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional berjenjang (proporsional stratified). Penentuan sampel menggunakan aksidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriftif dan statistik inferensial dengan menggunakan program SPSS 22.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI SMA Negeri di Kabupaten Enrekang yang sudah tersertifikasi berpendapat bahwa sertifikasi cukup menentukan dalam peningkatan profesionalisme guru. Tingkat profesionalisme mereka berada pada kategori baik, sehinga hipotesis yang diajukan ternyata terbukti.

            Implikasi penelitian adalah bahwa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai pelaksana sertifikasi perlu meninjau ulang system pelatihan yang digunakan selama ini seperti alokasi watu, metode pelatihan yang lebih bersifat praktis, penetuan narasumber sarana dan prasarana pelatihan. Kepada guru Guru PAI SMA Negeri di Kabupaten Enrekang diharapkan untuk lebih kreatif dalam meningkatkan profesionalisme, karena pemberian sertifikat pendidik hanya sebagai penunjang untuk lebih banyak berbenah diri.

Published
2019-09-27
Section
Articles