Artikel Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Ddi Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kab.Sidrap.

Jurnal pendidikan dan pemikiran islam

  • Ahriyani Maidin
Keywords: evaluasi, pencapaian

Abstract

Pokok pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriftif dengan pendekatan pedagogis.Penelitian pada pengungkapan masalah sebagaimana adanya analisis data dengan menggunakan observasi, wawancara dan penggunaan dokumen dengan menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ditunjukkan pada Perencanaan evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah wal Irsyad Amparita dilakukan dalam bentuk menentukan tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi, menulis soal dan analisis serta revisi soal. Adapun teknik pelaksanaan evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak dilakukan dengan bentuk tes tertulis, tes lisan, dan nontes. Implikasi dari penelitian ini adalah 1) Guru diharapkan betul-betul melakukan perencanaan dalam melakukan evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. 2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak hendaknya dilakukan dalam bentuk yang bervariasi yaitu berupa tes tertulis, tes lisan, dan nontes untuk lebih mengetahui kemampuan peserta didik dari berbagai aspek. 3) Peserta didik perlu diberi pemahaman bahwa keberhasilan belajar tidak semata dinilai berdasarkan tingkat pengetahuan, tapi lebih dari itu perlu ditunjukkan dengan bersikap baik seperti jujuran, disiplin, sopan santun, berdoa dan lain sebagainya.

Published
2019-09-27
Section
Articles