ISTIQRA' Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Kepribadian Siswa Mts DDI Palirang
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter sedini mungkin. Melihat kenyataan sekarang orang tua dan guru berstrategi untuk membentuk karakter pada anak. Di Madrasah, strategi guru yang menjadi panutan sangatlah penting. Pokok permasalahan yang dibahas strategi guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter kepribadian siswa MTs DDI Palirang.Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan startegi guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter kepribadian siswa MTs DDI Palirang. Dengan rumusan masalah; Bagaimana strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalm membentuk karakter kepribadian siswa, bagaimana partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak serta apa saja faktor pendukung dan penghambat.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menyatakan bahwa rencana guru mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter kepribadian siswa diantaranya strategi pembelajaran berbasis masalah, berbasis konseptual, membiasakan membaca asmaul husna serta ayat-ayat alqur’an setiap hari jumat. Adapun solusi yang diberikan pada siswa dalam mengatasi kendala pada pembentukan karakter siswa diantaranya, memberi motivasi serta tuntunan keteladanan pada siswa
Kata Kunci: Strategi Guru, Akidah Akhlak, Karakter Kepribadian