ISTIQRA' Penerapan Metode Diskusi Dalam Penigakatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP 1 Alla Kabupaten Enrekang
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan, untuk upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode diskusi. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian tindakan kelas, dengan teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, metode catatan lapangan, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Bentuk Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP 1 Alla Kabupaten Enrekang pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, tahap pertama yaitu melakukan persiapan, tahap keduan pelaksanaan metode diskusi, dan tahap ketiga yaitu melakukan penilaian sebagai bahan evaluasi dari hasil pembelajarn menggunakan metode diskusi. Hasil pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari keaktifan peserta didik dapat dijelaskan pada siklus I mencapai skor rata- rata 13,67, meningkat pada siklus II menjadi 15,7 dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 17,87. Dari nilai prestasi dan KKM peserta didik dapat dijelaskan pada pra siklus nilai rata-rata mencapai 56,7 dan KKM 33,33%. Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata 43,33 dan KKM 60,33%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata 66,66 dan KKM 68,5. Untuk siklus III nilai rata-rata 83,33 dan KKM 71,5%. Faktor Penghambat Penerapan Metode Diskusi dalam Peninkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP 1 Alla Kabupaten Enrekang yaitu Perbedaan Karakteristik Peserta didik dan Keterbatasan Waktu.
Kata Kunci: Keaktifan dan Prestasi Belajar, Metode Diskusi