ISTIQRA' Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII A Di SMPN 8 Satap Alla Kabupaten Enrekang
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui strategi yang digunakan guru Agama Islam dalam meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII A di SMP 8 Satap Alla Kabupaten Enrekang. Jenis Penelitian Kualitatif; dengan pendekatan pedagogis dan psikologis. Instrumen yang digunakan adalah; pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data; mereduksi data, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data dengan Perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi (pendalaman), diskusi dengan teman, analisis kasus negatif, dan member chek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Prestasi belajar peserta didik Kelas VIII A di SMPN 8 Satap Alla Kabupaten Enrekang adalah siswa yang sering mendapatkan punishment menghafal surat-surat pendek mengalami peningkatan prestasi dalam interval yang besar ataupun kecil. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik Kelas VIII A di SMPN 8 Satap Alla Kabupaten Enrekang yaitu di awal kegiatan belajar mengajar guru harus siap dengan RPP agar apa yang direncanakan berjalan sesuai dengan tujuan. Selain itu yang tidak kalah penting adalah melihat masing-masing peserta didik untuk mengetahui keadaan dan kondisi peserta didik. Faktor penghambat yaitu Terdapat beberapa anak yang masih memiliki ketergantungan terhadap IT yang membuat peserta didik jadi kurang tertarik terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kurangnya pengetahuan agama peserta didik membuat peserta didik sulit untuk diarahkan ke pelaksanaan agama, kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik dan lingkungan tempat perpustakaanya yang kurang luas, sedangkan penunjang dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik Kelas VIII A di SMPN 8 Satap Alla Kabupaten Enrekang yaitu Adanya dukungan dari kepala sekolah, guru-guru Pendidikan Agama Islam, kabupaten, Tim MGMP, Adanya kesadaran, antusias, dan minat para peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diadakannya pembelajaran.
.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Prestasi Belajar