ISTIQRA' Dampak Penerapan Metode Diskusi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 168 Sumbang
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui dampak penerapan metode diskusi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN 168 Sumbang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian Kualitatif; dengan pendekatan pedagogis, psikologis, dan theologis. Instrumen yang digunakan adalah; pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data; mereduksi data, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data dengan Perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi (pendalaman), diskusi dengan teman, analisis kasus negatif, dan member chek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Metode diskusi merupakan salah satu metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Adapun bentuk penerapan metode diskusi di antara guru ada yang menggunakan metode diskusi dalam bentuk diskusi kelas dan ada pula yang dalam bentuk diskusi kelompok kecil, keduanya diterapkan sesuai dengan kondisi dan relevansinya dengan materi pelajaran. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode diskusi diantaranya, yakni: minat belajar, sarana dan prasarana, serta keikhlasan dan niat bakti serta adanya aturan diskusi. Sedangkan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan metode diskusi diantaranya, yakni karakter siswa, media sosial dan kurangnya dukungan orang tua. Setiap metode memiliki dampak dalam proses pembelajaran, demikian juga dengan metode diskusi yang memiliki dampak positif maupun negatif. Di antara dampak positif metode diskusi dalam proses pembelajaran adalah peserta didik senang mengikuti proses pembelajaran, mereka bebas mengungkapkan pendapatnya, terjalinnya sikap saling menghargai antar peserta didik, dengan metode diskusi mereka dapat mengukur tingkat pengetahuan mereka, membuat mereka percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki, memudahkan mereka memahami materi pelajaran, mereka dapat berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran dan membangkitkan semangat belajar mereka. Adapun dampak negatifnya yaitu guru kadang sulit menggunakan waktu yang sesuai dengan yang telah dialokasikan sebab metode diskusi membutuhkan waktu yang banyak sehingga terkadang guru memiliki persiapan yang mantap sebelum memulai diskusi dan menguasai kelas dengan baik.
Kata Kunci: Metode Diskusi, Motivasi Belajar