ISTIQRA' Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IV SDN 134 Kalimbua Kabupaten Enrekang

  • NASHRIYAH PAISAL Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UM Parepare
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IV SDN 134 Kalimbua Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK); denga menggunakan dua siklus dan teknik pengumpulan data teknik observasi langsung, teknik observasi tidak langsung, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumendengan menggunakan analisis data yaitu; penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Hasil belajar siswa pada materi pokok beriman kepada malaikat Allah swt,  kelas IV SD Negeri 134 Kalimbua Kabupaten Enrekang pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa dan belum tuntas 12 siswa dengan persentase 45,4% dengan rata rata nlai sebesar 68,09. dan siklus II menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dengan persentase 86% dengan rata rata nlai sebesar 74,28. Namun dengan demikian angka ini sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh SD Negeri 134 Kalimbua Kabupaten Enrekang yaitu 70. Oleh karena itu hasil belajar siswa pada pada pokok beriman kepada malaikat Allah swt di kelas IV SD Negeri 134 Kalimbua Kabupaten Enrekang pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar

Published
2022-03-09