ISTIQRA' Pola Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia Peserta Didik Ma Guppi Enrekang

  • SIMAN siman Program Studi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Pola pendidikan, akhlak

Abstract

Abtrak: Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan  muatan nilai materi Aqidah Akhlak dalam penerapan pendidikan karakter di MA Guppi Enrekang. (2) Mengembangkan metode Pendidikan Karakter dalam membentuk akhlak mulia peserta didik MA Guppi Enrekang. (3) pencapaian pendidikan karakter dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di lingkungan MA Guppi Enrekang.

     Metodologi penelitian tesis ini adalah bersifat kualitatif. Penelitian ini akan meneliti aspek muatan nilai materi Aqidah Akhlak dalam penerapan pendidikan karakter di MA Guppi Enrekang. Bila dilihat dari jenis data penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan eksploratif yang menggunakan data kualitatif karena menggunakan data yang berbentuk situasi sosial. Analisis Peneliti lalukan dalam rangka memperoleh hasil yang tepat, menggunakan teknik penelitian observasi, dan dokumentasi  serya interview.

Hasil penelitian menunjukkan, 1) Muatan nilai materi Aqidah Akhlak dalam penerapan pendidikan karakter di MA Guppi Enrekang sejalan dengan beberapa teori yang dikemukakan pada bab dua yakni nilai perilaku manusia dengan hubungannya pada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. 2) Metode Implementasi Pendidikan Karakter dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di MA Guppi Enrekang dilakukan dalam berbagai jenis, kegiatan proses pembelajaran antara lain: a. Integrasikan ke dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak. b. Pembiasaan di kehidupan keseharian di satuan pendidikan. Artinya dengan  menciptakan budaya sekolah yang berkarakter baik. c. Integrasi pada kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an, olah raga, karya tulis, bimbingan salat jama’ah dan lain sebagainya. 3) Pencapaian Pendidikan Karakter yang diimplementasikan dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di MA Guppi Enrekang berdasarkan seluruh hasil observasi dan wawancara dalam penelitian hanya mencapai nilai tingkatan sedang yang masih perlu pembinaan. 

Implikasi penelitian ini yakni: 1) Sebagai sumbangsih pemikiran untuk pengembang ilmu pengetauan, utamanya pembinaan pendidikan karakter untuk peserta didik. 2) Sebagai motivator bagi peserta didik agar senantiasa meneladani akhlak al-Qur,an yang dicontohkan guru Aqidah Akhlak. 3) Menjadi masukan bagi semua pendidik terutama guru Aqidah Akhlak supaya sebisa mungkin mencontohkan akhlak Nabi Muhammad saw., pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari

Published
2021-10-05
Section
Articles