ISTIQRA' Pembentukan Nilai-Nilai Kecakapan Hidup Melalui Program Literasi Pada Pembelajaran Pai Di Smp Al-Birru Parepare

  • NURJAYA BUSTANUL IMAN RN SMP AL-BIRRU PAREPARE
Keywords: Nilai-nilai Kecakapan Hidup, Program Literasi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini diangkat dengan melihat kondisi di sekolah dimana siswa kurang berminat membaca buku mata pelajaran, terutama mata pelajaran PAI, sehingga berdampak pada kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an yang mengakibatkan kurangnya nilai-nilai kecakapan hidup di lingkungan sekolah, khusunya pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga program literasi pada pembelajaran PAI merupakan salah satu bentuk pemberdayaan bagi siswa untuk meningkatkan minat baca dengan tujuan meningkatkan nilai-nilai kecakapan hidup di lingkungan sekolah khususnya dan di masyarakat pada umumnya.

Pembentukan Nilai-nilai Kecakapan Hidup Melalui Program Literasi pada Pembelajaran PAI, merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik sebagai pembentukan nilai-nilai kecakapan hidup melalui pembiasaan membaca sebelum melaksanakan proses pembelajaran dengan jangka waktu yang telah ditentukan agar proses pembelajaran tidak terganggu.

Penenlitian ini dilaksanakan di SMP AL-BIRRU Parepare, sebagai salah satu sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, berbasis Semi Pesantren, dalam artian bahwa bentuk pembelajaran yang dilakasnakan tidak sepunuhnya berpedoman pada bentuk pedidikan pesantren secara umum. Deskriptif Kualitatif merupakan metode Penelitian yang digunakan, dan dilaksanakan dalam satu semester pada Tahun Pelajaran 2020/2021, mulai bulan Juli sampai bulan Desember 2020.

Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah, observasi, dokumentasi dan wawancara. Guru Mata Pelajaran PAI merupakan subyek penelitian, sedangkan Kepala Sekolah, waka kesiswaan dan sisiwa itu sendniri merupakan informan dari penelitian ini. Keabsahan data diperiksa dengan menggunakan tekhnik triangulasi metode dan triangulasi sumber, analisis data menggunakan model interaktif diantaranya: penyajian data, reduksi data dan penarika kesimpulan.

Hasil penelitian melalui perlakuan literasi ini adalah peserta didik mampu menghayati keberadaannya sebagai makhluk Allah yang memiliki potensi dan keahlian yang harus digali dengan memperbanyak literasi,  mampu membina hubungan dengan sesama, mampu mengidentifikasi suatu masalah dan menghubungkannya dengan fenomena tertentu serta keingintahuannya terhadap masalah tersebut, hingga menyampaikannya ke lingkungan sekitar dengan keberanian yang dimiliki.

Kata Kunci:   Nilai-nilai Kecakapan Hidup, Program Literasi, Pendidikan Agama Islam.

Published
2021-10-05
Section
Articles