ISTIQRA' Optimalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik di SMP Negeri 6 Tinambung

  • Muhammad Arsyad Muhammad Arsyad Program Pascasarjana UM Parepare
Keywords: Kesadaran Lingkungan, PAI

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “’Optimalisasi nilai-nilai kesadaran lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan agama  Islam pada peserta didik di SMP Negeri 6 Tinambung. Adapaun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam mendapatkan data menggunakan beberapa metode seperti metode wawancara dan dokumentasi, dimana data yang didapatkan dikelolah dengan cara mereduksi data kemudia menyajikan data dan melakukan pengambilan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan Materi pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) yang terintegrasi dengan nilai-nilai kesadaran lingkungan adalah materi yang terkait dengan taharah (bersuci), materi hadis yang berkaitan dengan kebersihan, materi iman yang didalamnya mengandung pesan-pesan Allah dalam memelihara alam semesta. Adapun  Langkah-langkah guru pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan nilai-nilai kesadaran lingkungan pada peserta didik melalui pembelajaran PAI yaitu : pengelolahan materi yang terintegrasi kedalam nilai-nilai kesadaran lingkungan, guru senantiasa memberikan contoh kepada peserta didik serta pembiasaan keagamaan dan praktek sadar akan lingkungan sekitar serta diketahui bahwa Faktor pendukung pelaksanaan optimalisasi kesadaran lingkungan pada peserta didik di SMPN 6 Tinambung adalah adanya peran serta dari warga sekolah dalam memelihara lingkungan, terdapatnya misi sekolah yang berkaitan dengan lingkungan dan adanya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang dan faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu pembelajaran PAI disekolah dan kurangnya keseimbangan pembinaan antara sekolah, keluarga dan masyarakat.

Kata Kunci : Kesadaran Lingkungan, PAI

Published
2021-10-04
Section
Articles