ISTIQRA' Peranan Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IX SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui Peranan Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IX SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo.Jenis penelitian yang dgnakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK); denga menggunakan tiga siklus dan teknik pengumpulan data teknik observasi langsung, teknik observasi tidak langsung, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumendengan menggunakan analisis data yaitu; penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).Hasil dari penelitian ini menunjukkan, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), karena sudah diujicoba dengan penerapan 2 siklus. Pada siklus pertama hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tuntas mencapai hanya 52% pada KKM 75. Namun hal tersebut belum mencapai target standarisasi yang telah ditetapkan yakni minimal peserta didik yang tuntas mencapai target yang diinginkan yaitu di atas 75%. Maka perlu dilaksanakan siklus II dengan memperbaiki kekuranggan yang terdapat pada siklusI. Kemudian pada siklus II terdapat proses peningkatan hasil belajar hingga mencapai 81% yang tuntas. Maka dengan pencapaian tersebut dapat dikatakan model pembalajaran yang di terapkan dapat diterima yakni Peranan Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo.
Kata Kunci: Pembelajaran Quantum Teaching, hasil Pembelajaran PAI