ISTIQRA' Korelasi Metode Mujadalah dalam Al-Qur’an Dengan Metode Pembelajaran Moderen

  • HARISA TIFA HARISA TIFA Program Pascasarjana Universitas muhammadiyah Parepare
Keywords: METODE MUJADALAH, PEMBELAJARAN MODEREN

Abstract

Abstrak :Tulisan  ini membahas mengenai Metode Mujadalah Dalam Al-Qur’an Dan Kaitannya Dengan Metode Pembelajaran Modern, Pokok masalah dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana metode mujadalah dalam al-Qur’an? (2) Bagaimana metode pembelajaran modern? (3). Bagaimana kaitan antara metode mujadalah dengan metode pembelajaran modern? .Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode mujadalah dalam al-Qur’an. (2). Untuk mengetahui metode pembelajaran modern. (3). Untuk mengetahui kaitan antara metode mujadalah dengan metode pembelajaran modern.

Jenis penelitian ini yaitu kualitatif, kemudian Penelitian ini bercorak kepustakaan (library research), dalam pengertian bahwa semua datanya bersumber dari bahan-bahan tertulis yang dipublikasikan dalam bentuk buku, makalah, surat kabar, dan majalah, adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan tafsir tematik (maudhu’iy), pendekatan historis, pendekatan pedagosis, dan pendekatan filosofis serta pendekatan psikologis adapun metode dalam mengumpulkan data adalah penelusuran ayat-ayat al-Qur’an, sumber primer dan sekunder. Instrumen penelitian sumber primer dan sekunder, setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan melalui 3 tahapan yaitu induktif, deduktif dan komparatif atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Mujadalah dalam al-Qur’an merupakan tukar pendapat yang dilakukan oleh dua pihak secara sinergis, yang tidak melahirkan permusuhan dengan tujuan agar lawan menerima pendapat yang diajukan dengan memberikan argumentasi dan bukti yang kuat. Antara satu dengan yang lainnya saling menghargai dan menghormati pendapat keduanya berpegang pada kebenaran, mengakui kebenaran pihak lain dan ikhlas menerima hukuman kebenaran tersebut. 2) Metode mengajar bermakna segala kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestian-kemestian mata pelajaran yang diajarkannya, ciriciri perkembangan muridnya, dan suasana alam sekitarnya serta tujuan menolong murid-muridnya untuk mencapai proses belajar yang diinginkan dan perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (a) ceramah; (b) demonstrasi; (c) diskusi; (d) simulasi; (e) laboratorium; (f) pengalaman lapangan; (g) brainstorming; (h) debat; (i) simposium, dan sebagainya. 3) Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat berbagai macam metode yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran. Guru harus memahami berbagai macam metode yang tepat sesuai dengan materi dan tujuan pembelajarannya. Metode pembelajaran yang digunakan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses berpikir dan mengungkapkan pendapat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yaitu metode mujadalah/ metode diskusi.

Implikasi penelitian ini adalah dengan metode mujadalah yang terdapat di dalam al-Qur’an diharapkan kepada pendidik untuk menerapkannya di dalam proses belajar mengajar. Metode mujadalah/ metode diskusi dapat memberikan suasana mengajar yang aktif dan mendorong peserta didik berperan aktif di dalam proses pembelajaran tersebut. Metode mujadalah yang terdapat di dalam al-Qur’an sangat menjunjung tinggi nilai-nilai penghormatan kepada orang lain.

Published
2021-10-04
Section
Articles