ISTIQRA' Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Tarbiyah Islamiyah di SMK Negeri 4 Enrekang

  • Muhammad Naim naim
Keywords: pembentukan karaktar, program tarbiyah islamiyah

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian SMK Negeri 4 Enrekang, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan program tarbiyah Islamiyah mampu membentuk nilai nilai karakter dengan beberapa program yaitu tahsinul qira’ah, hafalan juz 30 dan hadits dalam kitabul jami’, taujihad murabbi, materi tazkiyatun nafs, mabit (malam bina iman dan taqwa), rihlah (rekreasi tadabbur alam) dan menjenguk orang sakit. Adapun implikasi dari program ini adalah peserta mampu membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid, dan terbentuk karakter seperti karakter religius, jujur, amanah, disiplin, rasa ingin tahu, mampu bekerja sama dan bertanggung jawab serta peserta yang aktif mengikuti program ini rajin membaca Al-Qur’an secara rutin dan melaksanakan shalat fardhu berjama’ah di mesjid. Adapun faktor pendukung program ini adalah civitas akademik, program OSIS divisi keagamaan dan orang tua peserta didik, dan faktor penghambat program ini adalah

 

kurangnya sarana dan prasarana seperti masjid atau mushallah dan linkungan sekolah yang tidak kondusif.

Kata kunci : pembentukan karaktar, program tarbiyah islamiyah

Published
2021-10-04
Section
Articles