https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ijbi/issue/feed Indonesian Journal of Biology Instruction 2020-03-15T06:05:42+08:00 nur ismirawati nurismirawati@umpar.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Indonesian Journal of Biology Instruction (IJBI)&nbsp;</strong> is published twice a year (April and October) by the Biology Education Universitas Muhammadiyah Parepare&nbsp; Offers articles on recent advances in biology education (instructional activities for classroom and laboratory). The journal is of interest to academics, researchers and those people concerned with mediating research findings to practitioners. The journal is a valuable resource for teachers, counselors, supervisors, administrators, curriculum planners, and educational researchers as they consider the structure of tomorrow's educational system.</p> <p style="text-align: justify;">&nbsp;</p> https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ijbi/article/view/284 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI LEMBAR KERJA SISWA KELAS VIII MTs DDI TUPPU 2020-03-15T06:01:44+08:00 H herlina asrullahumpar@yahoo.com <p><span lang="EN-US">Hasil observasi di MTs DDI Tuppu, menunjukkan rata-rata hasil belajar biologi siswa Kelas VIII belum mencapai nilai KKM (70,00).<sub> &nbsp;</sub>Berkaitan dengan hal tersebut, maka diterapkan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS). Siswa Kelas VIII digunakan sebagai subjek penelitian tindakan Kelas (<em>classroom action research</em>) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. &nbsp;Data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan statistik deskriptif.<sub>. </sub>Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58% dan mengalami peningkatan 82% pada siklus II; (2) Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 11% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II; (3) Peningkatn persentase rata-rata aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I (61%) ke siklus II (75%), sedangkan aktivitas siswa yang tidak sesuai pembelajaran pada siklus I yaitu 13% mengalami penurunan pada siklus II yaitu 5%.</span></p> 2019-10-22T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2019 https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ijbi/article/view/373 ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 MODEL PAREPARE PADA MATERI INVERTEBRATA 2020-03-15T05:38:59+08:00 M Anggaraini nurismirawati@umpar.ac.id <p>Kesulitan belajar merupakan kondisi peserta didik yang tidak dapat belajar sesuai perkembangan psikologis, yang ditandai dengan rendahnya prestasi belajar. &nbsp;Berkaitan dengan itu, maka diperlukan penelitian mengenai kesulitan belajar peserta didik pada materi Invertebrata. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada peserta didik SMA Negeri 1 Model Parepare. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar tes, pedoman wawancara dan lembar angket tertutup bentuk <em>Check and List</em> berskala <em>Likert</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar peserta didik mencapai 68,31%, mencakup pemahaman pada penamaan ilmiah, konsep, dan istilah. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal yaitu aspek minat dan motivasi, serta kesiapan dan perhatian, sedangkan faktor eksternal meliputi aspek lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah.</p> 2020-03-15T05:37:44+08:00 Copyright (c) 2020 M Anggaraini https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ijbi/article/view/370 PENERAPAN MODEL PjBL dalam MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN 2 PAREPARE 2020-03-15T05:47:51+08:00 A Kadir nurismirawati@umpar.ac.id <p>Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan menerapkan model <em>Proyek Based Learning </em>(PjBL). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 2 MAN 2 Parepare semester gazal tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa soal essai. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah data hasil belajar kognitif yang dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 76,41 meningkat menjadi 85,38 pada siklus II, dan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif secara klasikal mengalami peningkatan yaitu 65,5% pada siklus I meningkat menjadi 89,7% pada siklus II.</p> 2019-04-17T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2020 A Kadir https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ijbi/article/view/372 PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA.5 SMA NEGERI 1 PAREPARE 2020-03-15T05:46:27+08:00 S Susanti nurismirawati@umpar.ac.id <p>Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Parepare, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi peserta didik Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare yaitu 48, tidak mencapai KKM 76.&nbsp; Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>serta mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi peserta didik<em>. </em>Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini mengunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan<em>, </em>tindakan<em>, </em>observasi<em>, </em>dan refleksi<em>. </em>Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar biologi meningkat melalui penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> pada peserta didik Kelas&nbsp; XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar biologi peserta didik mulai siklus I sampai siklus II ditinjau dari rata-rata skor siklus I yaitu 66,53 meningkat pada siklus II yaitu 82,62 serta meningkatnya rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I yaitu 63% menjadi 91% pada siklus II.</p> 2019-04-17T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2020 S Susanti https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ijbi/article/view/371 PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT 2020-03-15T06:05:42+08:00 Nuraeni nurismirawati@umpar.ac.id <p>Hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Enrekang menunjukkan nilai rata-rata lebih rendah dari Kreteria Ketuntasan Minimal, maka dibutuhkan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui model pembelajaran TGT pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi (d) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru, tes hasil belajar biologi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar biologi meningkat melalui penerapan model pembelajarn TGT pada siswa kelas MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang terlihat dari: (1) Meningkatnya skor rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II, yaitu 72,80 menjadi 88,71. (2) Meningkatnya nilai rata-rata aktivitas siswa yang sesuai pembelajaran pada siklus I 53,32 menjadi 67,14 pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajarann pada siklus I 15,71 mengalami penurunan menajadi 5,71 pada siklus II.</p> 2020-03-15T06:05:42+08:00 Copyright (c) 2020 Nuraeni