PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI LEMBAR KERJA SISWA KELAS VIII MTs DDI TUPPU

  • Herlina Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Lembar Kerja Siswa, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Biologi

Abstract

Hasil observasi di MTs DDI Tuppu, menunjukkan rata-rata hasil belajar biologi siswa Kelas VIII belum mencapai nilai KKM (70,00).  Berkaitan dengan hal tersebut, maka diterapkan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS). Siswa Kelas VIII digunakan sebagai subjek penelitian tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran.  Data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan statistik deskriptif.. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58% dan mengalami peningkatan 82% pada siklus II; (2) Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 11% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II; (3) Peningkatn persentase rata-rata aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I (61%) ke siklus II (75%), sedangkan aktivitas siswa yang tidak sesuai pembelajaran pada siklus I yaitu 13% mengalami penurunan pada siklus II yaitu 5%.

Published
2019-10-22