PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI LEMBAR KERJA SISWA KELAS VIII MTs DDI TUPPU
Abstract
Hasil observasi di MTs DDI Tuppu, menunjukkan rata-rata hasil belajar biologi siswa Kelas VIII belum mencapai nilai KKM (70,00). Berkaitan dengan hal tersebut, maka diterapkan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS). Siswa Kelas VIII digunakan sebagai subjek penelitian tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan statistik deskriptif.. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58% dan mengalami peningkatan 82% pada siklus II; (2) Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 11% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II; (3) Peningkatn persentase rata-rata aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I (61%) ke siklus II (75%), sedangkan aktivitas siswa yang tidak sesuai pembelajaran pada siklus I yaitu 13% mengalami penurunan pada siklus II yaitu 5%.
License & Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Indonesian Journal of Biology Instruction (IJBI) and Departement of Biology Education, Universitas Muhammadiyah Parepare as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Indonesian Journal of Biology Instruction (IJBI) and Departement Biology Education, Universitas Muhammadiyah Parepare, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Journal Indigenous Biological Education are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution 4.0 International License. No fees charged. Please use the materials accordingly.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.