Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah <p>Jurnal Al-Ibrah terbit dua kali dalam setahun (Maret dan September) dengan ISSN Online 2722-0087 dan ISSN Print 2089-9343.</p> <p>Jurnal Al-Ibrah merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan hasil penelitian, laporan kasus, makalah ilmiah atau analisis kritis dalam bidang pemikiran dan pendidikan islam dan artikel dalam bentuk ulasan. Fokus dan ruang lingkup kajian jurnal meliputi: Pemikiran Islam, Pemikiran Pendidikan Islam, Manajemen Pemikiran Pendidikan Islam, Pemikiran, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Administrasi Pendidikan, Manajeman Pendidikan Islam. Pendidkan.</p> en-US alibrahumparepare@gmail.com (Andi Abd. Muis) amranasta22@gmail.com (Amran Asta) Fri, 30 Aug 2024 18:33:23 +0800 OJS 3.1.2.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PEMAKNAAN ASMAUL HUSNA AR-RAQIB PADA SD NEGERI 156 KAJAO KABUPATEN ENREKANG https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3183 <p>Penelitian ini menguraikan peningkatan kedisiplinan guru PAI melalui pemaknaan <em>asmaul husna ar-Raqib</em> pada SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang, masalah spesifiknya, yaitu: 1) Bagaimana bentuk pemahaman terhadap <em>asmaul husna ar-Raqib </em>dalam meningkatkan kedisiplinan guru; 2) Bagaimana bentuk penghayatan terhadap <em>asmaul husna ar-Raqib </em>dalam meningkatkan kedisiplinan guru; 3) Bagaimana bentuk pengamalan terhadap <em>asmaul husna ar-Raqib </em>dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bentuk pemahaman, penghayatan, dan pengamalan guru PAI pada <em>asmaul husna ar-Raqib</em> yang berimplikasi pada peningkatan kedisiplinan guru. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma penelitian yaitu teologis, pedagogis, dan psikologis. Waktu penelitian dimulai Desember 2022 sampai dengan Juli 2023, di SD Negeri 156 Kajao Kabupaten Enrekang. Sumber data dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data, yakni observasi partisipatif, wawancara mendalam,&nbsp; dan studi dokumen. Teknik analisis data penyajian data, Reduksi data, dan Penarikan kesimpulan (<em>verifikasi</em>) serta pendalaman analisis studi kasus. Uji keabsahan data yaitu: (1) validitas internal, (2) validitas eksternal, (3) reliabilitas, dan (4) objektivitas.</p> <p>Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pemahaman guru PAI terhadap <em>asmaul husna ar-Raqib</em> yang berimplikasi pada pentingnya menghargai dan memanfaatkan waktu, serta menjadi Kontrol dan kendali diri dalam menjalankan tugasnya, pentingnya bekerja profesioanal, berintegritas, jujur, dan penuh rasa tanggungjawab serta mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan, pentingnya tunduk dan patuh terhadap aturan serta pentingnya bekerja keras untuk meraih hasil yang maksimal; 2) Penghayatan guru PAI terhadap <em>asmaul husna ar-Raqib</em> yang berimplikasi pada kesadaran pentingnya komitmen, konsekuen dan istiqamah memanfaarkan waktu, menjadi energy dan stamina dalam bekerja secara professional, sesuai aturan dan bekerja yang kreatif dan inovatif; 3) Pengamalan guru PAI terhadap <em>asmaul husna ar-Raqib</em> yang berimplikasi pada semakin disiplin bekerja, sesuai jadwal mengajar, memanfaatkan waktu secara positif, edukatif, dan menghindari aktivitas yang tidak bermanfaat. Guru PAI semakin bekerja keras, tuntas, cerdas, dan ikhlash, dengan</p> <p>selalu berkreasi dan berinovasi, memiliki rasa percaya diri dan keberanian serta mengembangkan kompetensinya untuk mencapai hasil yang maksimal.</p> Andi Abd. Muis, Bahar Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3183 Thu, 29 Aug 2024 19:34:30 +0800 DAMPAK TOLERANSI BERAGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI LEMBANG TOKESAN KECAMATAN SANGALLA SELATAN KABUPATEN TANA TORAJA https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3184 <p>Penelitian ini mengkaji tentang dampak toleransi beragama terhadap perkembangan pendidikan Islam di lembang Tokesan Kec. Sangalla Selatan Kab. Tana Toraja yang bertujuan mengetahui gambaran toleransi ummat beragama dan dampak toleransi beragama terhadap perkembangan pendidikan Islam. Hal yang mendasari dari penelitian ini adalah perkembangan pendidikan Islam tidaklah selamanya berjalan lancar apalagi pada lingkungan yang minoritas muslim sehingga membutuhkan sikap toleransi dari masyarakat demi keberlangsungan pendidikan Islam.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlangsung di lembang Tokesan kecamatan Sangalla Selatan kabupaten Tana Toraja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sumber data primernya adalah perwakilan tokoh agama dan perwakilan masyarakat serta sumber data sekunder yaitu hasil dokumentasi dan berbagai literatur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian: 1) masyarakat lembang Tokesan kecamatan Sangalla Selatan kabupaten Tana Toraja adalah masyarakat yang menganut agama yang berbeda, namun interaksi dan toleransi dalam bermasyarakat dikategorikan berjalan baik dengan indikator diimplementasikan dalam bentuk kerjasama dalam kegiatan keagamaan, kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi. 2) Dampak toleransi antar umat beragama terhadap perkembangan pendidikan Islam di lembang Tokesan kecamatan Sangalla Selatan kabupaten Tana Toraja yaitu: a) Memperkuat tali persatuan toleransi dan mempererat silaturahmi masyarakat lembang Tokesan, b) Terwujudnya kerukunan umat beragama, c) Penguatan keimanan, d) Meningkatkan Ketaqwaan, dan e) Penguatan lembaga pendidikan Islam</p> Salmiati, Masyunida Damier , Nurlina Jalil, Isnawati Tandiera Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3184 Thu, 29 Aug 2024 19:40:13 +0800 PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIDKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3185 <p>Penelitian ini Mengangkat judul “Penanaman nilai-nilai Pendidikan Karakter Disipli Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Parepare”. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin di SMP Muhammadiyah parepare serta apa saja faktor penghambat dan pendukung penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin di SMP Muhammadiyah parepare.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif dengan menggunakan dua sumber data yaitu primer dan skunder. Sumber data primer yaitu; kepala sekolah SMP Muhammadiyah Parepare, guru pendidikan agama islam dan peserta didik di SMP Muhammadiyah Parepare. Data skunder berupa berbagai sumber literatur seperti jurnal,buku,artikel, dan lain sebagainya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara&nbsp; dan alat dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin di SMPMuhammadiyah parepare terdiri dari lima tahapan yaitu; pembiasaan, keteladanan,teguran, nasihat, dan hukuman. 2)Adapun faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin yaitu; faktor keluarga, sekolah, kebiasaan, dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin yaitu; faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat.</p> Makki, Agung Sumitra . Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3185 Thu, 29 Aug 2024 19:45:04 +0800 STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMPN 2 ANGGERAJA KECAMATAN MALUA KABUPATEN https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3186 <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran akhlak peserta didik di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang dan bentuk strategi pembinaan akhlak yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang.</p> <p>Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian: sosiologis dan pedagogi. Sumber data primer (guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik), data sekunder (kepala sekolah dan guru BK). Instrumen penelitian: pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian: 1) Gambaran akhlak peserta didik di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang sebagian kecil dikategorikan kurang baik dengan indikator etika berkomunikasi dan tingkat kesopanan terhadap guru yang masih perlu perbaikan. 2) Bentuk strategi pembinaan akhlak yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang yaitu memberikan keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman.</p> Rosmiati Ramli, Haslinda Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3186 Thu, 29 Aug 2024 19:48:53 +0800 PERANAN REMAJA MASJID DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AJARAN ISLAM PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN LAPADDE KECAMATAN UJUNG KOTA PAREPARE https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3187 <p>Penelitian ini bertujuan, a.Untuk mengetahui program kerja remaja masjid d kelurahan Lapadde, kecamatan ujung Kota Parepare, b. Untuk mengetahui peranan remaja masjid kelurahan Lapadde dalam meningkatkan pemahaman ajaran Islam pada masyarakat Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung Kota Parepare</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Populasi berjumlah 30 orang dan sampel berjumlah 10 orang remaja bermukim &nbsp;dalam wilayah kelurahan Lapadde kecamatan Ujung Kota Parepare. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi instrumen, analisis statistik deskriftif dan analisis statistik inferensial.</p> <p>Hasil penelitian: 1. Remaja Masjid yang ada di kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung Kota Parepare, mempunyai program kerja diantaranya, membentuk kegiatan dalam Masyarakat sebagai salah satu kegiatan yang dapat memberikan pemahaman ajaran agama Islam pada Masyarakat khususnya di Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung Kota Parepare, salah satunya adalah Pendidikan baca tulis Al-Qur,an pada orang dewasa dan mengadakan pengajian di Masyarakat. 2. Remaja Masjid yang terbentuk di kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung Kota Parepare sangat berperan dalam hal Upaya peningkatan pemahaman ajaran Agama Islam pada Masyarakat di Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung Kota Parepare. 3. Para Pemuka Agama, Pengurus masjid, Praktisi Pendidikan, Tokoh Masyarakat dan lain-lain yang berkompeten yang ada di Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung Kota Parepare, hendaknya tidak merasa jemu dalam melakukan kegiatan keagamaan dalam hal meningkatkan kesadaran dan kualitas keagamaan pada Masyarakat.</p> St. Maryam Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3187 Thu, 29 Aug 2024 19:52:23 +0800 Al-Laam” in Surat Yunus https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3201 <p>هدفت هذه الرسالة الى بيان عن حرف اللام و في سورة يونس&nbsp; و يشمل البحث عن أنواع اللام و معانيها و إعرابها في سورة يونس.</p> <p>هذا البحث هو البحث المكتبي و أما الطريقة المكتبية فهي طريقة البحث و جمع و تحليل منبع البيانات كالكتب و الرسالات وغير ذلك. البيانات المستعملة في هذه الرسالة فهي القرآن الكريم و سورة يونس خاصة.</p> <p>&nbsp;في سورة يونس&nbsp; فِيْهَا سبعة عشر نوعا عن الحرف اللام. وهي لام البعد 16 بيانا و لام الجر 49 بيانات و لام النافية 40 بيانات و لام التعليل 6 بيانات و لام الإبتداء بيانان و لام المزحلقة 6 بيانات و لام الجواب 4 بيانات و لام 5 بيانات و لام الموطئة للقسم بيان واحد و لام الجحود بيانان و لام الزائدة 7 بيانات و لام الفارقة بيان واحد و لام النافية للجنس 5 بيانات و لام الأمر بيان واحد و لام العاقبة بيان واحد و لام الناهية 8 بيانات و لام الدعاء بيان واحد.</p> <p>الكلمات المفتاحية : حرف اللام، معاني حرف اللام، سورة يون</p> <p>&nbsp;</p> Hamsa, Nur Hasyikin, Muhammad Irwan Copyright (c) 2024 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3201 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0800