https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/issue/feed Jurnal Al-Ibrah 2025-05-02T12:54:21+08:00 Andi Abd. Muis alibrahumparepare@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Al-Ibrah terbit dua kali dalam setahun (Maret dan September) dengan ISSN Online 2722-0087 dan ISSN Print 2089-9343.</p> <p>Jurnal Al-Ibrah merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan hasil penelitian, laporan kasus, makalah ilmiah atau analisis kritis dalam bidang pemikiran dan pendidikan islam dan artikel dalam bentuk ulasan. Fokus dan ruang lingkup kajian jurnal meliputi: Pemikiran Islam, Pemikiran Pendidikan Islam, Manajemen Pemikiran Pendidikan Islam, Pemikiran, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Administrasi Pendidikan, Manajeman Pendidikan Islam. Pendidkan.</p> https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3729 AL-IBRAH Peran Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Kesadaran Beragama Siswa Di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Rappang) 2025-04-26T12:11:33+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan diharapkan mampu berkontribusi pada peningkatan kualitas kesadaran beragama siswa. Tujuan penelitian dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kesadaran beragama siswa di Muhammadiyah Boarding School (MBS Rappang) sebelum dan sesudah mengikuti ekstrkurikuler keagamaan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan terhadap pemahaman keagamaan siswa.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Muhammadiyah Boarding School Rappang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatid dengan sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Terjadi perubahan pada tingkat kesadaran beragama siswa sebelum dan setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan meliputi memanah, berkuda dan berenang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan bukan hanya pada tataran pelaksanaan ibadah seperti shalat dan mengaji tetapi juga pada gambaran akhlak siswa yang lebih baik, 2. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu pelatih yang profesional dan akses tempat latihan yang mudah dijangkau. Adapun faktor penghambatnya adalah terbatasnya fasilitas yang tersedia di lingkungan sekolah, waktu yang terbatas serta cenderung menggunakan budget yang besar.Kata Kunci: Toleransi; Pendidikan Islam.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <em>Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Kesadaran Beragama Siswa</em></p> 2025-04-26T09:49:07+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3731 AL-IBRAH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR DI UPT SMPN SATAP 3 MENGKENDEK 2025-04-26T12:11:33+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pembelajran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam untu meningkatkan kualitas belajar di UPT SMPN SATAP 3 Mengkendek yang bertujuan mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan mengetahui dampak penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar. Hal yang mendasari dari penelitian ini adalah Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar, dengan mengakomodasi perbedaan kebutuhan, minat, dan kemampuan peserta didik. Melalui pendekatan ini, guru dapat memberikan materi yang lebih relevan dengan konteks sosial dan budaya peserta didik, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih inklusif.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Lokasi penelitian di lembang Simbuang , kecamatan Mengkendek, kabupaten Tana Toraja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik, sumber data sekunder adalah hasil dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri.Teknik Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Langkah-langkah Penerapan Pembelajaran berdiferensiasi adalah Asesmen diagnostik, Analisis kurukulum,pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dan Evaluasi.(2)Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti&nbsp; dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di UPT SMPN SATAP 3 Mengkendek.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kualitas belajar</p> 2025-04-26T10:04:48+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3733 AL-IBRAH ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN THAHARAH SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN AIK DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING 2025-04-26T12:11:33+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Thaharah merupakan salah satu rangkaian ibadah yang wajib dipahami oleh setiap muslim sebelum melaksanakan ibadah wajib. Materi thaharah diberikan dalam mata Pelajaran salah satunya pada AIK. Tujuan penelitian dilaksanakan untuk Mengetahui tingkat pemahaman peserta didik tentang thaharah setelah mengikuti pembelajaran AIK di SMP Muhammadiyah Boarding School MBS Rappang dan mendeskripsikan secara mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam melaksanakan thaharah setelah mengikuti pembelajaran AIK di SMP Muhammadiyah Boarding School MBS Rappang.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Muhammadiyah Boarding School (MBS Rappang) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Ada dua sumber data dalam penelitian ini yaitu guru AIK dan peserta didik serta sumber data sekuder yaitu data-data pendukung penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian datanya dianalisis mellaui tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Tingkat pemahaman peserta didik tentang thaharah setelah mengikuti pembelajaran AIK di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Rappang telah mampu melaksanakan thaharah dengan baik. 2. Terdapat beberapa factor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam melaksanakan thaharah setelah mengikuti pembelajaran AIK di SMP Muhammadiyah Boarding School MBS Rappang yaitu factor internal, factor eksternal dan factor psikologis dan factor lainnya.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <strong><em>Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Kesadaran Beragama Siswa</em></strong></p> 2025-04-26T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3735 AL-IBRAH Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Gandangbatu Sillanan 2025-04-26T12:11:33+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di SDN Gandangbatu Sillanan dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan menguraikan dampak implementasi kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Gandangbatu Sillanan.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di SDN Gandangbatu Sillanan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sumber data yaitu sumber data primer yaitu guru PAI, kepala sekolah dan peserta didik dan sumber data sekunder berupa beberapa artikel dan hasil dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Implementasi kurikulum merdeka di SDN Gandangbatu Sillanan dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam diawali dengan adanya persiapan dari guru PAI berupa mengikuti pelatihan atau bimbingan tentang kurikulum Merdeka serta menyiapkan modul pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka guru PAI berupaya menggunakan metode variatif dalam pembelajaran agar peserta didik aktif serta menjunjung pembelajaran berbasisi diferensiasi dalam pembelajaran., 2. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter peserta didik melalu pembelajaran PAI yang dikemas dengan baik oleh guru seperti membiasakan salam dan membaca doa sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu melalui kegiatan Profil Pelajar Pancasila (P5) peserta didik tidak hanya membangun kompetensi akademik, tetapi juga memperkuat pondasi moral dan etika peserta didik.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: <em>Kurikulum Merdeka Belajar, Karakter Peserta Didik</em></strong></p> 2025-04-26T10:51:36+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3736 AL-IBRAH METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU TAJWID (IKHFA HAQIQI) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SOSSOK ANGGERAJA 2025-04-26T12:11:33+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Muhammad Yunus, 2024. <em>Metode Wafa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Tajwid (Ikhfa Haqiqi) Pada Peserta Didik Kelas V SDIT Sossok Anggeraja </em>(Pembimbing I Dr. Andi Fitriani Djollong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sumadin, S.Pd.I., M.Pd.I). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode WAFA dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V (Lima) SDIT Anggeraja.</p> <p>Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus secara partisipan yaitu peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian: SDIT Sossok Anggeraja Enrekang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar tes meliputi soal <em>pre-test</em> dan <em>post-test.</em> Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase keberhasilan belajar peserta didik.</p> <p>Hasil penelitian yang didapatkan adalah metode WAFA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) materi pokok <em>Ikhfa’ Haqiqi</em> dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar pada siklus I dan II. Pada tahap pra siklus ketuntasan belajar peserta didik hanya 45 % dengan nilai rata-rata kelas 65,5 setelah diterapkan metode WAFA pada pembelajaran siklus I ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 60 % dengan niai rata-rata 71. Karena ketuntasan belum mencapai 80 % maka dilanjutkan ke siklus II dan ketuntasan meningkat hingga 85 % dan nilai rata-rata 80,5.</p> <p><strong>Kata Kunci: Metode WAFA, <em>Ikhfa’ Haqiqi</em>, Hasil Belajar, Peserta Didik</strong></p> 2025-04-26T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3737 AL-IBRAH PEMBINAAN KARAKTER GENERASI MUDA MELALUI TARBIYAH ISLAMIYAH DI MASJID AL HAMRAH KELURAHAN LAKAWAN KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG 2025-04-26T12:11:34+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Muliadi 122325013, Pembinan Karakter Generasi Muda Melalui Tarbiyah Islamiyah di Masjid Al-Hamrah Kel. Lakawan Kec. Anggeraja Kab. Enrekang, Adapun tujuan dalam penulisan ini adalah: (1) Mengetahui pembinaan karakter generasi muda melalui tarbiyah islamiyah di masjid Al-Hamrah, (2) Mengetahui program tarbiyah Islamiyah di masjid Al-Hamrah, (3) Mengetahui&nbsp; faktor pendukung dan penghambat program tarbiyah Islamiyah di masjid Al-Hamrah.</p> <p>Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, lokasi penelitian masjid Al-Hamrah, menggunakan sumber data primer dan sekunder, instrument penelitian adalah peneliti, metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan, uji keabasahan data.</p> <p>Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembinaan karakter generasi muda melalui program tarbiyah Islamiyah secara sistematis dan berkelanjutan memiliki implikasi yang sangat baik terhadap perkembangan akhlak pemuda, peneliti melihat perbedaan yang sangat menonjol dari pemuda yang aktif mengikuti program tarbiyah islamiyah dengan pemuda yang tidak mengikuti program ini, baik dari segi<em> Hablum minallah </em>maupun<em> Hablum minannas</em>. Tarbiyah merupakan salah satu upaya membentuk pribadi yang <em>kaffah </em>dari sisi <em>ruhiyah, aqliyah dan jasadiyah, </em>Masing-masing unsur ini memiliki beberapa program sebagai wasilah untuk membentuk pribadi yang <em>kaffah</em> diantaranya Tahsinul Qira’ah, Hafalan surah pendek dan hafalan hadits, taujihad murobbi, mabit, rihlah dan menjenguk orang sakit. Adapun faktor pendukung program ini adalah pemerintah setempat, panitia masjid dan orang tua genereasi muda, dan faktor penghambat program ini adalah faktor limgkungan dan pergaulan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Tarbiyah Islamiyah, berkelanjutan , membentuk akhlak mulia</p> 2025-04-26T11:26:21+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3738 AL-IBRAH PERAN TPA (TAMAN PENDIDIKAN ALQUR’AN ) AL-MUJAHIDIN LANGSO DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA PADA ANAK 2025-04-26T12:11:34+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Muthmainnah Al-uswan Sumule, 2025. Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mujahidin Langso dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Anak. bertujuan untuk mengetahui peran TPA Al-Mujahidin Langso dalam membentuk akhlak mulia pada anak.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik&nbsp; analisis data yang digunakan&nbsp; adalah&nbsp; reduksi data, penyajian data dan penarikan&nbsp; kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut; Berdasarkan hasil wawancara dengan responden yang bersedia&nbsp; menjadi objek penelitian diketahui bahwa: (1) Pembentukan akhlak mulia pada anak di TPA Al-Mujahidin Langso dipengaruhi oleh faktor pendukung, seperti semangat belajar santri, keterlibatan orang tua, keteladanan ustadz/ustadzah, dan bimbingan yang terstruktur. Namun, (2) Terdapat hambatan seperti pengaruh negatif teknologi, lingkungan yang kurang islami, keterbatasan waktu belajar, dan kurangnya pengawasan. Untuk mengatasi hal tersebut, TPA memperkuat kerja sama dengan orang tua melalui edukasi dan diskusi rutin agar santri tumbuh menjadi pribadi berakhlak mulia dan teladan di masyarakat.</p> <p><strong>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Kata Kunci : </strong>Taman&nbsp; Pendidikan Al-Qur’an, Akhlak Mulia</p> 2025-04-26T11:54:34+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3756 AL-IBRAH STRATEGI GURU AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) TERHADAP PENDEKATAN PERUBAHAN TINGKAH LAKU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SMK MUHAMMADIYAH PAREPARE 2025-05-02T11:06:41+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Nur Amalina Abdul Rahman, 2024. Strategi Guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) terhadap Pendekatan Perubahan Tingkah Laku dalam Pengelolaan Kelas di SMK Muhammadiyah Parepare tulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) dalam mengelola kelas melalui pendekatan perubahan tingkah laku di SMK Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi tersebut dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif bagi pembelajaran.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Parepare. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer meliputi Guru ISMUBA, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, serta peserta didik. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari berbagai literatur yang relevan, seperti buku, artikel, dan jurnal. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup lembar observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru ISMUBA yang dirancang secara sistematis dan fleksibel mampu mendukung perubahan tingkah laku peserta didik ke arah yang lebih positif. Pendekatan perubahan tingkah laku, seperti pemberian pujian, penghargaan, serta konsekuensi yang mendidik, efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Efektivitas strategi guru ISMUBA dalam pendekatan perubahan tingkah laku bergantung pada peran guru sebagai teladan, pemberi motivasi, dan fasilitator dalam membentuk kebiasaan positif peserta didik. Implikasi <em>stakeholder</em> sekolah memiliki peran penting untuk mendukung keberhasilan penerapan pendekatan perubahan tingkah laku dalam pengelolaan kelas secara berkelanjutan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Strategi guru ISMUBA; pendekatan perubahan tingkah laku; pengelolaan kelas</p> 2025-05-02T11:06:41+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3757 AL-IBRAH DAMPAK INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE 2025-05-02T11:11:06+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Uswatun Amalia, 2025. “Dampak Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Parepare”.. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui intensitas membaca Al-Qur’an peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare lalu mengetahui kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare dan untuk mengetahui dampak intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang di lakukan di SMA Muhammadiyah Parepare, menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer yaitu perwakilan peserta didik dan guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder yaitu hasil dokumentasi dan berbagai literatur berupa buku, jurnal, artikel, yang berkaitan dengan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1) Intensitas membaca Al-Qur’an peserta didik SMA Muhammadiyah Parepare memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan karakter dan kecerdasan emosional siswa. 2) Kegiatan ini membantu siswa mengelola emosi, meningkatkan kesabaran, dan memperbaiki hubungan sosial. Dengan memahami nilai-nilai Al-Qur'an, siswa lebih bijaksana dalam menghadapi tantangan emosional. 3) Secara keseluruhan, dampak intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare cukup signifikan. Namun, untuk mengoptimalkan hasilnya, diperlukan upaya kolaboratif antara guru dan siswa, dengan pendekatan yang lebih personal dan adaptif terhadap kebutuhan emosional masing-masing siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Membaca Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional, Peserta Didik</p> 2025-05-02T11:11:06+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3758 AL-IBRAH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SD MUHAMMADIYAH 1 PAREPARE 2025-05-02T11:27:22+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media <em>audio visual </em>terhadap hasil belajar PAI di SD Muhammadiyah 1 Parepare. &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Parepare, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil Penelitian yang didapatkan bahwa: 1) Penerapan media <em>audio visual </em>dalam pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Parepare ialah menciptakan suasana belajar yang menarik, kondusif, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang nilai-nilai keislaman. 2) Efektivitas penggunaan media <em>audio visual </em>terhadap hasi belajar PAI di SD Muhammadiyah 1 Parepare terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan dan perubahan sikap positif dalam menerapkan nilai-nilai keteladanan Nabi Muhammad Saw dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik tercermin dalam kehidupan sehari-hari</p> <p><strong>Kata kunci: Efektivitas, <em>audio visual, </em>hasil belajar</strong>.</p> 2025-05-02T11:27:22+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3759 AL-IBRAH ANALISIS IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA POSTER PADA HASIL BELAJAR PAI DI SD MUHAMMADIYAH 1 PAREPARE 2025-05-02T11:42:55+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Tulisan ini bertujuan mengetahui penggunan media&nbsp; dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Parepare, serta analisis implikasi penggunaan media&nbsp; pada hasil belajar pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Parepare.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitia lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu penelitian itu sendiri menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisi data ada 3 tahap reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan.</p> <p>&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) penggunaan media&nbsp; di SD Muhammadiyah 1 Parepare dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, penggunaan media&nbsp; dalam pegunaannya hanya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran Pendidikan agama Islam, 2) implikasi penggunaan media&nbsp; pada hasil belajar pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Parepare menunjukan bahwa memberikan implikasi positif yang signifikan terhadap proses belajar peserta didik dengan demikian dapat meningkatkan minat baca melibatkan kegiatan yang menyenagkan dan merangsang perkembangan kognitif peserta didik.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>penggunaan media.</p> 2025-05-02T11:42:55+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3760 AL-IBRAH IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN SATAP 6 GANDANGBATU SILLANAN 2025-05-02T11:58:47+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN SATAP 6 Gandangbatu Sillanan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan Pendekatakan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri, pedoman wawancara<em>,</em> alat tulis dan alat rekam/HP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN SATAP 6 Gandangbatu Sillanan yaitu mengembangkan nilai saling menghormati, saling menghargai dan toleransi. (2) Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN SATAP 6 Gandangbatu Sillanan yaitu implementasi proses pembelajaran di kelas dan implementasi di luar kelas, guru berupaya untuk menguatkan materi saling menghormati, menghargai dan toleransi.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Implementasi nilai-nilai multikultural,&nbsp; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam</em>.</p> 2025-05-02T11:58:47+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/3761 AL-IBRAH PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPTD SD NEGERI 20 PAREPARE 2025-05-02T12:54:21+08:00 Salmi salmi@umpar.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mengetahui problematika penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di UPTD SD Negeri 20 Parepare.</p> <p>Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif yang berlokasi di UPTD SD Negeri 20 Parepare. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, analisis dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kurikulum merdeka telah diterapkan selama kurang lebih dua tahun masih kurang maksimal melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik,pengembangan proyek pelajar pancasila dan pemberian keleluasaan dalam memilih bahan ajar. 2) Problematika yang ditemukan diantaranya sulitnya mengubah <em>mindset </em>atau guru masih terbiasa dengan model pembelajaran kurikulum 2013, penerapan pembelajaran diferensiasi yang kurang maksimal karenakan karakteristik peserta didik berbeda sehingga guru perlu menyusun perangkat pembelajaran yang berbeda pula ini akan menambah beban kerja guru pendidikan agama Islam yang mengajar banyak kelas.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Kurikulum, Merdeka, Pendidikan Agama Islam</p> 2025-05-02T12:54:21+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Ibrah