Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai 1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP NEGERI 12 Kota Parepare. Penerapan model pembelajaaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII 3 di SMP Negeri 12 Parepare pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 12 Parepare pada peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 12 Parepare sebanyak 16 peserta didik. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 12 Parepare meningkat dari siklus I ke siklus II. Adapun kesimpulan diperoleh dari (1) Meningkatnya skor rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dengann skor rata-rata hasil belajar PAI pada siklus I sebesar 75,62 yang dikategorikan tinggi. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 81,56 yng dikategorikan sangat tinggi. (2) Meningkatnya hasil belajar PAI peserta didik dari siklus I ke siklus II, di mana pada siklus I peserta didik yang nilainya sangat tinggi 90 dan terdapat 5 orang peserta didik atau 31,25% sedangkan siklus II 95 dan terdapat 9 peserta didik atau 56,25 %.