Implementasi Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan perencanaan, pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian Kurikulum 2013 pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam kelas XI SMK Negeri 3 Parepare, pada implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 3 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, data dianalisis dengan teknik (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) menyimpulkan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, SMK Negeri 3 Parepare sampai sekarang ini tetap menggunakan Kurikulum 2013 sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013 ditentukan oleh: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran dan (3) penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kemudian diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang langkah-langkahnya adalah: (1) mengamati; (2) menanya; (3) mengumpulkan bahan; (4) mengolah bahan;dan (5) mengomunikasikan, kemudian selanjutnya melaksanakan penilaian auntentik dalam pembelajaran berupa: (1) penilaian pengamatan; (2) penilaian tes tertulis dan tes lisan; (3) penilaian diri; (4) penilaian antar teman; (5) penilaian jurnal; (6) penilaian kinerja; dan (7) penilaian portofolio. Faktor pendukung dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah; (1) faktor guru; (2) faktor peserta didik; (3) faktor sarana dan prasarana; dan (4) faktor lingkungan. Faktor penghambatnya adalah (1) sikap peserta didik yang kurang peduli terhadap pelajarannya; dan (2) kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013 akibat kurangnya pendidikan dan latihan.