Implementasi Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam

  • Haizah
Keywords: Implementasi, Kurikulum, Pembelajaran, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan perencanaan, pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian Kurikulum 2013 pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam kelas XI SMK Negeri 3 Parepare, pada implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 3 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, data dianalisis dengan teknik (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) menyimpulkan dan verifikasi data.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, SMK Negeri 3 Parepare sampai sekarang ini tetap menggunakan Kurikulum 2013 sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013 ditentukan oleh: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran dan (3) penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kemudian diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang langkah-langkahnya adalah: (1) mengamati; (2) menanya; (3) mengumpulkan bahan; (4) mengolah bahan;dan (5) mengomunikasikan, kemudian selanjutnya melaksanakan penilaian auntentik dalam pembelajaran berupa: (1) penilaian pengamatan; (2) penilaian tes tertulis dan tes lisan; (3) penilaian diri; (4) penilaian antar teman; (5) penilaian jurnal; (6) penilaian kinerja; dan (7) penilaian portofolio. Faktor pendukung dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah; (1) faktor guru; (2) faktor peserta didik; (3) faktor sarana dan prasarana; dan (4) faktor lingkungan. Faktor penghambatnya adalah (1) sikap peserta didik yang kurang peduli terhadap pelajarannya; dan (2) kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013 akibat kurangnya pendidikan dan latihan.

Published
2019-09-17
Section
Articles