Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengembangan Kecerdasan Sosial Peserta Didik

  • Muhammad Nur Maallah
  • Suarni
Keywords: Kecerdasan Sosial, Pengembangan, Guru

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: 1) Bagaimana pola pengembangan kecerdasan sosial oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Parepare? 2) Apakah hambatan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pengembangan kecerdasan sosial? 3) Bagaimana solusi dan upaya dalam meningkatkan pembentukan kecerdasan sosial peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare? Pola pengembangan kecerdasan sosial peserta yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Parepare pada peserta didik dengan pembiasaan dan keteladanan, atau memberikan contoh secara langsung. Hambatan dalam mengembangkan kecerdasan sosial peserta didik karena karakter peserta didik yang berbeda-beda, Daya serap peserta didik yang berbeda-beda, umur pendidik masih relatif mudah dibandingkan guru mata pelajaran yang lainnya, pola asuh orang tua di rumah, dan pengaruh lingkungan. Solusi dan upaya dalam meningkatkan pengembangan kecerdasan sosial peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare menekankan kepada peserta didik saat proses pembelajaran memberikan pemahaman tentang hal-hal yang positif, misalnya berbuat baik kepada kedua orang tuanya, kepada temannya, kepada gurunya, kepada orang lain, sholat 5 waktu, bekerjasama dengan guru mata pelajaranlainnya, mengadakan pengajian rutin sekolah, memotifasi untuk ikut diorganisasi sekolah, seperti, Osis, Hisbul Wathan, Tapak Suci, IPM, dan kegiatan-kegiatan diluar sekolah yang bernuansa positif.

Kata Kunci: Kecerdasan Sosial, Pengembangan, Guru

 

Published
2019-09-13
Section
Articles